Bupati Beri Contoh Bayar Zakat

115
Bupati Sleman, Drs H Sri Purnomo MSI membayar zakat di kantor Baznas Sleman, Kamis (24/05/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Bupati Sleman Drs H  Sri Purnomo MSI mendatangi kantor Baznas Kabupaten Sleman di Jalan Beran Kidul Tridadi, Kamis (24/05/2018). Kedatangannya guna membayar zakat secara langsung.

Melalui kegiatan tersebut Sri Purnomo berharap bisa memotivasi masyarakat untuk menunaikan kewajiban zakatnya jika sudah mencapai nisabnya.

“Wajib mengeluarkan zakat jika pendapatan akumulatif selama setahun sudah melewati nisab,” kata Sri Purnomo.

Bagi yang mampu, umat muslim mempunyai kewajiban untuk menunaikan zakat 2,5 persen setiap tahunnya. “Ramadan ini merupakan waktu yang tempat untuk menunaikan kewajiban zakat,” kata dia.

Zakat yang terkumpul akan didistribusikan ke dusun-dusun di Sleman melalui takmir masjid, kemudian disalurkan kepada masyakat yang berhak menerima sesuai dengan syariat Islam.

Baca Juga :  Hidup Sebatang Kara, Seorang Nenek Ditemukan Tak Bernyawa

Pimpinan Bidang I bagian Penghimpunan Zakat, Asmuni Muhammad Thohir, mengatakan pimpinan daerah adalah uswatun Hasanah artinya teladan yang baik bagi masyarakat.

Melalui kegiatan tersebut dia berharap masyarakat termotivasi membayar kewajiban zakatnya.

Dia mengapresiasi langkah Sri Purnomo sebagai pemimpin daerah yang mempercayakan penyaluran zakatnya melalui Baznas Sleman sekaligus untuk memberi contoh kepada masyarakat.

Menurut Asmuni, kemampuan penghimpunan Zakat Baznas sebesar Rp 2,5 miliar. Zakat tersebut secara rutin didistribusikan ke program pemerintah yaitu Sleman Sehat, Sleman Produktif, Sleman Cerdas, Sleman Membangun, Sleman Peduli, dan Sleman Takwa.

Pada 2018 ada peningkatan penyaluran zakat dari OPD (Organisasi Perangkat Daerah) sebagai sumber utama zakat Baznas. (sol)

Baca Juga :  Penolak Bandara Bentengi Saja Rumahnya