Bupati dan Wakil Sleman Bebas Pungutan

Wakil Bupati Sleman, Dra Hj Sri Muslimatun M.Kes, Selasa (08/08/2017) menyerahkan dana PMI sebesar Rp 856,498 juta. (bid jalasutera/koranbernas.id)  

195

KORANBERNAS.ID—Bupati Sleman dan wakilnya, ternyata tidak masuk dalam daftar sasaran pengumpulan Bulan Dana PMI 2017. Setidaknya, berdasarkan daftar yang ada di pihak panitia, Bulan Dana PMI 2017 hanya menyebut 11 sasaran. Ke-11 sasaran itu, adalah pemohon perpanjangan STNK kendaraan bermotor, pemohon balik nama sertifikat tanah, pemohon perijinan, pemohon SIM, PNS dan karyawan swasta, anggota DPRD, perangkat desa, pemohon uji KIR, pengunjung tempat wisata, perbankan dan lembaga keuangan, serta masyarakat umum.

Terkait pelaporan pelaksanaan Bulan dana PMI ini, Sekretaris Panitia Sarijan menyebutkan, pelaksanaannya berlangsung sejak 1 Maret hingga 31 Mei 2017 lalu. Kemudian diperpanjang lagi hingga 30 Juni 2017.

Hasilnya, cukup memuaskan, karena mampu menghimpun dana senilai Rp 856,498 juta. Padahal, target yang ditetapkan sebelumnya, hanya Rp 750 juta.

“Ya melampaui target,” kata Sarijan, di Aula Lantai 3 Kantor Setda Kabupaten Sleman, Selasa (08/08/2017).

Dikatakan Sarijan, kegiatan Bulan Dana PMI, untuk mendukung pelayanan kepalangmerahan serta memupuk jiwa kesetiakawanan masyarakat Sleman.

Wakil Bupati Sleman, Dra Hj Sri Muslimatun M.Kes yang sekaligus menjadi Ketua Bulan Dana PMI Kabupaten Sleman tahun 2017 mengungkapkan rasa syukurnya karena pengumpulan dana dapat melampaui target.

“Capaian tersebut patut kita syukuri karena bisa melebihi target. Saya harap dana yang terkumpul tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat yang membutuhkan,” kata Sri Muslimatun.

Ditambahkan, dengan selesainya kegiatan bulan dana PMI tersebut, bukan berarti tugas dan kewajiban PMI Cabang Sleman juga selesai. J ustru diperlukan kinerja yang maksimal dalam menggunakan dana tersebut agar kepercayaan dan amanah yang diberikan masyarakat kepada  PMI Kabupaten Sleman dapat dijaga.

”Saya mengucapkan terimakasih pada segenap jajaran PMI. Pemanfaatan dari dana tersebut harus dapat dipertanggungjawabkan penggunaannya kepada masyarakat. Hal ini merupakan salah satu tantangan bagi PMI cabang Sleman dalam kinerjanya untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat khususnya bagi mereka yang benar-benar membutuhkan,” tambahnya.

Dalam penutupan tersebut secara simbolis Sekertaris PMI cabang Sleman menyerahkan dana yang terkumpul pada Wakil Bupati Sleman yang kemudian diserahkan pada Ketua PMI Cabang Sleman, dr Sunartono MKes. (sm)