Bupati Diminta Temui PKL Alun-alun

243
Bupati Purworejo Agus Bastian selaku Tergugat tidak pernah hadir dalam Sidang Perkara Perdata dengan PKL Pendowo, Rabu (29/11/2017). (hery priyantono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Dalam persidangan perkara perdata kelima kalinya antara PKL Pendowo atau PKL Malam Kawasan Alun-alun Purworejo, yang digelar di Ruang Sidang Pengadilan Negeri (PN) Purworejo pada Rabu (29/11/2017) pagi, lagi-lagi Bupati Purworejo Agus Bastian tidak tampak batang hidungnya.

Hal inilah yang dikeluhkan oleh Ketua Tim Kuasa Hukum PKL Pendowo, Tamrin Mahatmanto, SH. Saat di wawancarai usai persidangan, Tamrin menegaskan agar Bupati Purworejo menghargai proses hukum yang sedang berjalan.

“Sejak awal kami sangat berharap Bupati bisa hadir menemui PKL. Apalagi dalam sidang tadi, semestinya dia bisa hadir, karena pernyataan dia soal Taman Kuliner dengan pernyataan Kabag Hukum Pemkab Purworejo jelas berbeda. Ini harus dikonfrontir,” ucap Tamrin.

Dalam sidang tersebut, dari Pihak Tergugat hanya dihadiri oleh Kabag Hukum, Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan, dan perwakilan dari Dinas Perhubungan serta beberapa staf para tergugat.

Sedangkan dari Pihak Penggugat, selain Ketua PKL Pendowo Tri Kurniawantoro beserta jajaran Pengurus PKL serta anggota hadir dalam persidangan. Mendampingi PKL Pendowo, tiga orang kuasa hukum PKL Pendowo juga datang mengikuti persidangan.

Pada sidang yang digelar mulai pukul 10.00 WIB, Hakim Mediator PN Purworejo, Antyo Harri Susetyo, SH, langsung merespon pernyataan dari Kuasa Hukum PKL Pendowo yang menguak adanya perbedaan pernyataan yang dilontarkan oleh Kabag Hukum yang berbeda dengan pernyataan Bupati Purworejo berkait dengan Taman Kuliner.

“Iya, karena yang bersangkutan Bupati Purworejo adalah Tergugat Pertama sebaiknya hadir langsung menemui PKL. Karena dia yang tahu persoalan dan rencana relokasi PKL Pendowo. Sebaiknya Bupati menemui langsung PKL,” pinta Antyo dalam persidangan.

Antyo juga mengaku heran dengan tidak pernah ada pertemuan antara Bupati Purworejo dengan PKL Pendowo.

“Oh, berarti selama ini Bupati belum pernah menemui PKL, ya,” sergah Antyo keheranan. (yve)