Bupati Kumpulkan Mantan Bupati

90
Senam massal menyemarakkan acara Temu Kangen Mantan Bupati, Wakil Bupati dan Purna Bhakti Praja di Sindu Kusuma Edupark, Rabu (09/05/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSI mengumpulkan mantan bupati dan pejabat pada acara yang dikemas Temu Kangen Mantan Bupati, Wakil Bupati dan Purna Bhakti Praja di Sindu Kusuma Edupark, Rabu (09/05/2018).

Kegiatan ini dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Sleman, mantan Bupati Sleman Arifin Ilyas, mantan Wakil Bupati Sleman H Zaelani, Dandim 0732/Sleman, serta mantan Sekda Sunartono.

Sri Purnomo menyampaikan, hasil pembangunan yang dicapai saat ini tidak terlepas dari peran dan kerja keras pendahulu.

Secara makro, perkembangan ekonomi Sleman menunjukkan peningkatan. Berdasarkan data BPS, angka pertumbuhan ekonomi pada 2016 sebesar 5,25 persen sedangkan tahun 2017 belum dipublikasikan.

Pertumbuhan ekonomi juga ditunjukkan PDRB Kabupaten Sleman pada 2017, menurut harga berlaku, mencapai Rp 40,366 triliun, sedangkan menurut harga konstan sebesar Rp 31,519 triliiun.

Baca Juga :  Ini Masukan UMY untuk Musyawarah Besar Pemuka Agama

Kemajuan ekonomi masyarakat semakin merata dilihat dari indeks gini sebesar 0,390. Pemerataan pendapatan masyarakat lebih baik dibanding indeks gini DIY sebesar 0,430 dan indeks gini nasional 0,393.

Menurut dia, pertumbuhan dan pemerataan ekonomi meningkat berkat pembangunan sarana dan prasarana perekonomian, pembinaan usaha, pembiayaan dana penguatan modal bagi UKM, penempatan kerja serta kemudahan pelayanan izin usaha.

Berdasarkan data penduduk akhir tahun, angka kemiskinan turun 1,12 persen, pada 2016 sebesar 10,60 persen menjadi 9,48 di tahun 2017.

Jumlah KK miskin pada 2017 sebanyak 34.128 KK turun 4.745 KK dari tahun 2016 sebanyak 38.873 kepala keluarga.

“Meskipun secara umum pembangunan semakin baik namun saya menyadari masih banyak yang harus dibenahi dan makin berat tantangan yang harus dihadapi,” jelas Sri Purnomo.

Baca Juga :  Kepolisian Diminta Bersihkan Nama Pedagang Bakso Korban Salah Tangkap

Perwakilan Purna Bhakti Praja Kabupaten Sleman, P Suyanto yang pernah menjabat Asek I berharap acara tersebut terus diadakan sebagai ajang silaturahim pegawai purnatugas Pemkab Sleman.

“Hal ini mendorong kami yang semakin tua dapat bermakna dan membuat kami mandiri,” katanya.

Acara temu kangen diawali senam masal. Panitia juga membuka stan Pameran Produk Santri Mandiri berupa produk-produk kerajinan dan kuliner dari pondok pesantren yang ada di daerah ini. (sol)