Bupati Puji Relawan yang Bertugas karena Panggilan Hati

259
Bupati Sleman Sri Purnomo memukul gong membuka Muswil 05 RAPI Sleman di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Minggu (04/03/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID – Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSI memuji para relawan yang turun membantu masyarakat ketika terjadi bencana alam.

“Para relawan mendapat panggilan tugas dari lubuk hati dan kesadaran, bukan karena perintah,” ujarnya saat menghadiri Musyawarah Wilayah (Muswil) RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) Wilayah 05 Sleman periode 2018 – 2022 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Minggu (04/03/2018).

Didampingi Ketua RAPI DIY Ir H Sulaiman Suseno serta Ketua RAPI Sleman R Suprapto, bupati mengatakan organisasi ini memiliki peran cukup penting membantu kelancaran kegiatan di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman.

Bersama relawan lainnya, RAPI membantu Pemkab Sleman menangani bencana alam tanah longsor, erupsi Merapi, gempa bumi.

Kemitraan yang terjalin selama ini cukup harmonis. Mereka bahu membahu melaksanakan tugas mengingat kabupaten ini paling lengkap kejadian bencana alamnya.

“BPBD Sleman tidak akan dapat bekerja tanpa bantuan dan dukungan dari para relawan termasuk RAPI Sleman,” kata Sri Purnomo.

Dari pengalaman beberapa bencana alam yang berkali-kali dialami kabupaten tersebut, tumbuhlah kerja sama serta tolong menolong tanpa membedakan suku, agama, ras.

Proses rekoveri pun terlaksana cepat karena adanya kebersamaan pemerintah, masyarakat dan para relawan. Kelompok satu dengan yang lain bekerja sama, saling melengkapi dan membantu, bukan menjadi pesaing.

Dalam kesempatan itu Sri Purnomo berharap musyawarah kali ini memunculkan program-program yang lebih baik. (sol)