Bupati Sleman Berbagi Pengalaman di Jakarta

33
Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSI menjadi narasumber di Hotel Orchadz Jakarta Pusat, 24-26 September 2018. (istimewa)

KORANBERNAS.ID – Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSI memperoleh kehormatan menjadi narasumber implementasi Pelimpahan Kewenangan dan Evaluasi Kinerja Kecamatan (PATEN) pada Rapat Pembahasan Peraturan Menteri Dalam Negeri tentang PATEN.

Acara ini diselenggarakan Kemenpan RB di Hotel Orchadz Jakarta Pusat, 24-26 September 2018.

Sri Purnomo menyampaikan pengalamannya sebagai kepala daerah yang telah melaksanakan PATEN di 17 kecamatan di Kabupaten Sleman mulai tahun 2014 hingga saat ini.

Paparan ini disampaikan di hadapan  sejumlah perwakilan camat, Kepala Bagian Pemerintahan dan Sekretaris Daerah se-Indonesia. Sleman diapresiasi sebagai salah satu Kabupaten yang sukses mengimplementasikan PATEN.

Sri Purnomo menyatakan pelimpahan kewenangan kepada kecamatan dilaksananakan sejak keluarnya Perbup No 13 Tahun 2014. Pelimpahan kewenangan ini tidak mudah, namun demikian harus diwujudkan demi kemudahan dan kecepatan pelayanan kepada masyarakat.

Baca Juga :  Pesta Kriya Ajang Belajar Perajin Lokal

Spiritnya adalah memberikan kemudahan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Meski selama ini masih terdapat kendala pelaksanaan PATEN, Sri Purnomo terus berupaya mengoptimalkan pelayanan ini. Sejumlah kewenangan yang dilimpahkan oleh Kabupaten kepada Kecamatan di antaranya IMB dengan luas bangunan maksimal  100 meter persegi, SPTL, SKTBL, Izin Gangguan (HO) dan lainnya.

Dengan adanya PATEN, Sri Purnomo berharap mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat untuk memberikan efisiensi dan efektivitas pelayanan. (sol)