Butet Sebut Hasto Mirip Hatta

251
bedah buku Hasto Wardoyo. (sri widodo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Seniman Butet Kartaredjasa menyebut sosok Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo mirip Bung Hatta. Ini karena gagasannya tentang program Bela Beli Kulonprogo mirip konsep ekonomi Wakil Presiden (Wapres) RI pertama, Bung Hatta. Bila program ini bisa mendarah daging di Kulonprogo maka keinginan Bung Hatta direalisasikan oleh Hasto Wardoyo di Kulonprogo.

Hal itu diungkapkan Butet ketika melakukan bedah buku Hasto Wardoyo yang berjudul Bela Beli Kulonprogo. “Usai membaca buku Pak Hasto saya merenung. Andai Pak Hasto lahir dari keluarga kaya raya, maka tidak akan menjadi bupati yang kreatif inovatip. Bupati yang membela kepentingan wong cilik,” ujarnya dalam acara bedah buku itu, Senin (20/08/2017).

Dalam buku itu diceritakan sewaktu Hasto usai SMP sudah berusaha mandiri. Dia mencari burung di hutan kemudian dijual. Hasilnya dibelikan ayam. Begitu ayam berkembang kemudian dibelikan kambing. Hasto kecil mengalami getirnya hidup.

Baca Juga :  Tabuhan Gamelan 66 Jam Pecahkan MURI

Karena dendam, dalam tanda kutip, dengan kehidupan yang penuh keterbatasaan, maka Hasto berusaha keras memusuhi keterbatasan dan kemiskinan itu ketika dirinya menjadi bupati.

“Dari keadaan awal, sikap mandiri telah tertanam dalam jiwanya. Buku Bela Beli Kulonprogo ini merupakan prolog dan gerakan koperasi,” katanya.

Koperasi sekarang ini banyak yang hanya abalabal tempat orang cari sebrakan, maka buku ini seharusnya dimiliki setiap keluarga di Kulonprogo. Dengan begitu, slogan Bela Beli Kulonprogo tidak hanya dibicarakan namun menjadi gerakan. Bila gerakan ini berhasil, maka bukan hanya keberhasilan Hasto Wardoyo tetapi keberhasilan Kulonprogo.

Saat mendampingi Hasto, tidak seperti biasanya Butet pelit humor dan memilih tampil serius. “Biasanya saya hanya pakai kaos oblong dan sandal jepit. Kali ini saya pakai baju koko katun Klaten dan pakai sepatu. Ini karena saya memandang buku Pak Hasto ini sangat penting untuk dimasyarakatkan,” katanya.

Baca Juga :  Kapolres Kulonprogo Diganti, Pengamanan Bandara Jadi Fokus

Di hadapan ratusan pelajar SMA, Butet mengingatkan pelajar yang keadaan ekonomi keluarganya tidak kecukupan tidak perlu minder. Contohlah Hasto Wardoyo yang kreatif dan berani maju, akan mendapatkan sukses.

Ketua DPRD Kulonprogo Akhid Nuryati yang ikut bicara dalam acara tersebut berharap Butet sebagai tokoh nasional ikut menyebarkan konsep bela beli nasional, menularkan virus positif ke berbagai penjuru nusantara.

Wakil Bupati Kulonprogo Sutejo yang membuka acara menjelaskan, saat ini sudah banyak kabupaten yang meniru konsep Bela Beli Kulonprogo, disesuaikan dengan nama daerah masing-masing.

Selain Butet, ikut membedah buku ini Bambang Saptono dari UNY (Universitas Negeri Yogyakarta). Bedah buku dimeriahkan musik krumpyung khas Kulonprogo yang mengiringi berapa tarian.
(wid)