Caleg Jangan Berebut Suara di Kantong yang Sama

234
Anggota DPR RI Ahmad Hanafi Rais memberikan sambutan saat Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD PAN Bantul di Hotel Ros In yang berakhir Minggu (7/1/2018) sore. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Anggota DPR RI dari Partai Amanat Nasional (PAN)  Daerah Pemilihan (Dapil) DIY,  Ahmad Hanafi Rais, mengatakan selama ini dalam pemilu legislatif (pileg) DIY mampu menyumbang 2 kursi untuk DPR RI.

Namun dalam Pileg 2014 hanya mampu menyumbang 1 kursi. Untuk itulah dirinya berharap pada pileg 2019, suara PAN bisa dimaksimalkan sehingga minimal bisa mengantarkan dua wakilnya duduk di Senayan.

Ini disampaikan Hanafi  pada Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD PAN Bantul di Hotel Ros In yang berakhir Minggu (07/01/2018) sore. “Saya berharap suara partai bisa dimaksimalkan. Dan pesan saya, antarcaleg dari PAN jangan berebut suara, namun harus garap di kantong yang berbeda. Dengan demikian suara kita bisa naik dan bertambah banyak,” kata Hanafi.

Baca Juga :  Jelang Pilkada, Polres Temanggung Siapkan Dalmas Terlatih

Putra pendiri PAN, HM Amien Rais itu menyampaikan jangan sampai lahan yang sama digarap dua caleg PAN secara bersamaan, sehingga muncul  perebutan suara di internal partai.

“Ini harus dihindari, namun garaplah lahan yang berbeda. Saya  ingin semua caleg di setiap Dapil mampu maksimal meraih suara guna mendukung suara partai sehingga kursi di pusat juga  bertambah,” katanya.

PAN telah menyiapkan berbagai langkah strategis dalam rangka memaksimalkan potensi suara pemilih. Hanafi juga mengatakan pihaknya mendukung pemberdayaan ekonomi lokal di DIY. Salah satunya kebijakan Bupati Bantul Drs H Suharsono yang melindungi para pedagang tradisional dan memberdayaan potensi rakyat. “Kita dukung  kebijakan tersebut,” katanya.

Sedangkan Ketua DPD PAN Bantul, Mahmud Ardi Widanta mengatakan dalam Pileg 2019 untuk Bantul mentargetkan bisa meraih 9 kursi atau naik 3 kursi dari perolehan sekarang yakni  6 kursi di DPRD  Bantul.

Baca Juga :  Ditinggal Tarawih, Warga Diingatkan Mengunci  Rumah

Langkah untuk bisa meraih jumlah tersebut, pihaknya membuat aturan terkait pembagian  zonasi suara. Jangan sampai terjadi antarcaleg PAN berebut suara di wilayah atau lahan yang sama.

“Pengaturan Zonasi ini untuk menghindari antar caleg berebut suara di satu wilayah. Namun harus merata sesuai dengan zonasi yang telah ditentukan,” kata Ardi.

Selain itu PAN juga akan menggenjot serta memaksimalkan suara di kantong-kantong yang dimiliki seperti Dapil Srandakan, Dapil Kretek dan Dapil Banguntapan. (sol)