Candibinangun Desa Anti Politik Uang

65
Deklarasi Desa Anti Politik Uang (APU) di Desa Candibinangun, Kecamatan Pakem Sleman, Minggu (30/9/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Politik uang merupakan salah satu momok demokrasi. Praktik anti-demokrasi tersebut harus dilawan bersama-sama dari semua arah.

Demikian ditegaskan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Abhan, dalam sambutannya pada acara deklarasi Desa Anti Politik Uang (APU) di Desa Candibinangun Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman, Minggu (30/098/2018).

“Politik uang adalah momok demokrasi kita yang harus dilawan bersama,” tegas Abhan.

Bawaslu diberi tugas dan kewenangan meliputi aspek pengawasan Pemilu. Di dalamnya terdapat tugas pencegahan pelanggaran Pemilu. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melibatkan partisipasi masyarakat sebagaimana diamanatkan Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

“Desa APU yang digagas Bawaslu DIY, salah satunya di Desa Candibinangun ini adalah wujud partisipasi masyarakat dalam pencegahan pelanggaran Pemilu, utamanya praktik politik uang,” kata Abhan.

Baca Juga :  Pemerintah DIY Siapkan Acara Syukuran Pelantikan Gubernur

Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Hukum, Musta’in Aminun,  yang mewakili Bupati Sleman dalam acara tersebut menyampaikan Pemerintah Kabupaten Sleman memberikan apresiasinya atas terselenggaranya deklarasi APU di Desa Candibinangun.

Menurutnya, untuk menjaga dan menegakkan integritas demokrasi yang bersih dan jujur diperlukan adanya komitmen bersama. “Komitmen ini adalah salah satu langkah yang diuji dalam aspek menselaraskan kampanye pemilu yang sudah dimulai hingga April mendatang,” jelas Musta’in.

Deklarasi ini dilaksanakan untuk mendukung penolakan praktik politi uang. “Andaikata politik tergantung pada uang, akan menimbulkan dampak yang tidak,” tambahnya.

Kepala Desa Candibinangun, Sismantoro, menyambut baik dipilihnya Candibinangun sebagai proyek percontohan (pilot project) Desa APU di DIY.

Baca Juga :  Honorer Minta Jadi CPNS, Ini Jawaban Bupati

Deklarasi APU merupakan bentuk keprihatinan masyarakat Desa Candibinangun pada praktik politik uang pemilu 2014.

“Kami berharap, masyarakat menyambut program Desa APU dalam pengawasan Pemilu kali ini,” ujarnya. Deklarasi diawali flashmob dilanjutkan penandatangan dan cap tangan. (sol)