Cara KPU Sleman Tekan Golput Pemilu 2019

389
Jajaran KPU Sleman audiensi dengan Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSI di ruang tamu Bupati Sleman, Senin (02/10/2017). (bid jalasutra/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Menyambut Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman berupaya menyusun beragam cara supaya dapat menekan angka golput.

Salah satunya menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman.  Langkah itu diawali, Senin (02/10/2017), dengan melakukan audiensi ke Pemkab Sleman.

Rombongan diterima Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSi beserta beberapa pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait.

Sri Purnomo mengungkapkan, KPU Kabupaten Sleman sudah mulai melakukan persiapan mensukseskan Pemilihan Umum  2019. Pemerintah Kabupaten Sleman siap membantu segala sesuatu yang dibutuhkan KPU.

“Nanti kan ada pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), sosialisasi ke camat atau kepala desa. Intinya itu kan kewenangan kami. Dan prinsipnya kita siap membantu KPU untuk mensukseskan Pemilu 2019,” kata Sri Purnomo.

Dia berharap jumlah peserta Pemilu 2019 semakin meningkat dari Pemilu sebelumnya. Pemilu merupakan kesempatan bagi masyarakat untuk memilih wakilnya di tingkat regional maupun nasional.

“Saya harap persentase peserta Pemilu terus meningkat. Karena ini agenda lima tahunan untuk memilih wakilnya di kabupaten, provinsi ataupun di pusat. Jadi saya harap tidak banyak yang golput,” jelasnya.

Harapan serupa disampaikan Ketua KPU Kabupaten Sleman Ahmad Shidqi S Th I M Hum. Meski pelaksanaan Pemilu 2019 terbilang masih lama, namun ada banyak hal yang perlu dipersiapkan.

Antara lain, KPU Kabupaten Sleman akan menjalin koordinansi dengan Pemerintah Kabupaten Sleman. “Seperti rekrutmen PPK dan PPS kita akan banyak berkoordinasi dengan para pihak di Pemerintah Kabupaten Sleman,” kata Ahmad.

KPU juga akan melakukan audiensi dengan instansi lain di Pemkab Sleman, supaya ada sinergitas dari semua pihak untuk mensukseskan agenda Pemilu 2019.

“Kita juga akan melakukan audiensi ke DPRD Kabupaten Sleman, Polres Sleman dan Kodim,” kata Ahmad.

Tahapan Pemilu 2019 dimulai dengan pendaftaran Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2019 secara serentak pada 3 Otober 2017 dan berakhir 16 Oktober 2017.

Kemudian Penetapan Parpol peserta Pemilu 2019 pada 17 Februari 2018. Sedangkan Pemungutan suara diselenggarakan 17 April 2019. (sol)