Catat, Pemakaian Anggaran Jangan Mengada-Ada

144
Bupati Bantul, Drs H Suharsono memberikan penghargaan dalam pengumuman penilaian kinerja kecamatan dan OPD 2017 di Gedung Induk Kompleks Parasamya, Senin (05/03/2018). (sari wijaya/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Bupati Bantul, Drs H Suharsono mengatakan dalam pelaksanaan program harus direncanakan secara baik. Sehingga semua sesuai dengan tujuan yang diharapkan sesuai dengan anggaran yang ada. Karena jika tanpa perencanaan, menjadikan penggunaan anggaran tersebut tidak efektif, tidak tepat program dan tidak tepat sasaran.

“Jangan sampai penggunaan anggaran itu seperti mengada-ada. Misalnya waktunya sudah mau habis tahun, kok anggaran masih banyak, akhirnya buat sesuatu yang tidak bermanfaat. Nah ini harus dihindari dengan cara perencanaan yang lebih baik sejak awal,”kata Bupati saat memberikan sambutan pada penyerahan evaluasi kinerja kecamatan dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Kabupaten Bantul tahun 2017 di Gedung Induk Kompleks Parasamya, Senin (5/03/2018) siang.

Evaluasi dihadiri Sekda Drs Riyantono Msi dan jajaran Assisten, kepala OPD, Camat Se Bantul,  dan pejabat terkait termasuk Tenaga Ahli Bupati. Menurut Bupati, untuk bisa mencapai kinerja terbaik tentu semua harus berpegang pada aturan yang ada. Misalnya pengadaan barang dan jasa harus mengacu kepada Inpres  nomor 1/2015.

Baca Juga :  Giripeni Studi Banding ke Desa Puro Sragen

Begitu juga untuk kegiatan yang lain harus berpegang pada aturan masing-masing. Selain perencanaan, hal lain yang harus diperhatikan adalah tepat dalam pelaksanaan program, tepat dalam capaian target yang ditentukan serta ada evaluasi terhadap apa yang telah dilakukan.

“Jadi kalau ada gawean, ya segera dikerjakan jangan ditunda-tunda, karena toh nanti juga kita yang mengerjakan.Untuk tahun 2017 ini adalah tahun ke 4 Pemkab Bantul melakukan penilaian kinerja secara mandiri,” imbuhnya.

Dari hasil penilaian tersebut, selanjutnya Pemkab Bantul memberikan reward kepada mereka yang berkinerja baik. Kali ini hadiah bagi tiga besar terbaik untuk kecamatan dan OPD masing-masing mendapat hadiah laptop dan printer,sedangkan tiga terendah dalam penilaian kinerja semua mendapat kacamata.

Baca Juga :  Warga Penolak Bandara Segera Pindah

Sementara Sekda Drs  Riyantono Msi  mengatakan penilaian Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (LAKIP) ini berpengaruh pada tunjangan kinerja kelembagaan bersangkutan.

“Ada banyak faktor yang menjadi penilaian  seperti laporan dan juga capaian kinerjanya.  Saya berharap bagi yang bagus agar bisa dipertahankan  bahkan ditingkatkan, kalau yang kurang bagus agar diperbaiki. Karena kinerja yang baik akan berpengaruh terhadap  pelayanan kepada publik,” paparnya. (yve)

Kinerja Terbaik 2017

1.Kategori OPD
Peringkat 1 :Dinas Pertanahan dan Tata Ruang
Peringkat 2 :BKKPPKB Bantul
Peringkat 3 :Sekretariat Daerah

2.Kategori Kecamatan
Peringkat 1 :Kec Sedayu
Peringkat 2 :Kec Jetis
Peringkat 3 :Kec Sewon

sumber: Pemkab Bantul