Catat, Pramuka Harus Mampu Ciptakan Kader Berjiwa Pancasila !

449
Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi bersama anggota Tim Visitasi di Kecamatan Wonosari, Kamis (24/8/2017). (st aryono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi menilai gerakan pramuka mampu menciptakan tenaga kader pembangunan yang berjiwa Pancasila, dan sanggup menyelenggarakan pembangunan masyarakat, bangsa dan negara.

“Dalam melaksanakan pendidikan kepramukaan tersebut Gerakan Pramuka selalu memperhatikan keadaan, kemampuan, kebutuhan, dan minat peserta didiknya,” kata Immawan di hadapan anggota Tim Visitasi di Gudep Gerakan Pramuka SDN Wonosari I dan SDN Wonosari VI, Kecamatan Wonosari, Kamis (24/8/2017).

Menurut Immawan, kepramukaan bersifat nasional, maka gerak dan kegiatan gerakan Pramuka disesuaikan dengan kepentingan nasional, sebagimana tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP), dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM).

“Gerakan Pramuka dalam pelaksanaan RPJP dan RPJM tersebut selalu mengikuti kebijakan pemerintah dan segala peraturan perundang-undangannya,” tambahnya.

Terkait visi Pemkab Gunungkidul “Mewujudkan Kabupaten Gunungkidul sebagai daerah tujuan wisata yang terkemuka dan berbudaya, menuju masyarakat yang berdaya saing, maju, mandiri, dan sejahtera tahun 2021”, kabupaten itu telah membentuk Pramuka Pariwisata. Mereka bertugas membantu pengembangan dan pelayanan kepada pengunjung wisata ke Gunungkidul.

“Hal ini menunjukkan bahwa Gerakan Pramuka hidup dan bergerak di tengah masyarakat dan berusaha membentuk tenaga kaderpembangunan yang berguna bagi masyarakat,” ucapnya.

Karenanya gerakan Pramuka harus memperhatikan pula keadaan kemampuan, adat tradisi dan harapan masyarakat, termasuk orang tua anggota Pramuka. Dengan demikian Gerakan Pramuka, terutama pada satuan-satuannya, dapat menyiapkan tenaga sesuai dengan apa yang diharapkan orang tua anggotanya dan masyarakat dilingkungannya.(yve)