Catat, UP 45 Yogyakarta Gelar Try Out di Awal 2018

781
(ki-ka) Faizal Aco M.IP (UP45), Tegar Babarunggul Ketua Alumni OSIS Indonesia, Ir Bambang Irjanto MBA, M Ali Sukrajab MBA (UP45), Trisno Fallo S.Hut M.Sc (UP45) usai penandatanganan MoU, Selasa (19/12/2017). (Surya Mega/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID—Universitas Proklamasi (UP) 45 Yogyakarta melakukan terobosan untuk memfasilitasi siswa-siswi SLTA yang ingin menguji kemampuan menjelang musim penerimaan dan pendaftaran mahasiswa baru atau Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018.

Kalau biasanya try out dilakukan mendekati saat pelaksanaan ujian masuk PTN, maka tahun ini try out digelar juga diawal tahun dengan menggandeng Alumni OSIS Indonesia.

Rektor UP 45 Yogyakarta Ir Bambang Irjanto, MBA mengatakan, pelaksanaan try out di awal tahun ini diharapkan akan membawa manfaat bagi para pelajar SLTA dan sederajat. Dengan mengikuti test uji coba sejak awal, mereka diharapkan dapat mengukur kemampuan lebih awal. Dengan demikian, mereka akan memiliki waktu lebih longgar untuk persiapan berikutnya sebelum mengikuti SNMPTN.

Ketua Alumni OSIS Indonesia, Tegar Babarunggul menambahkan, pihaknya secara rutin menggelar try out menjelang pelaksanaan SNMPTN. Try out digelar di berbagai kota dengan menggandeng mitra-mitra lokal di tiap kota.

Untuk 2018, di wilayah Yogyakarta pelaksanaan akan dilakukan di kampus UP 45 Yogyakarta. Sedangkan jumlah peserta, pihaknya belum mematok target pasti. Tapi biasanya, jumlah peserta secara nasional selalu melebihi 15.000 orang dan bahkan menembus 17.000 orang.

“Untuk tahun ini try out kita gelar dua kali, yakni di awal tahun persisnya 21 Januari 2018 dan di bulan April,” kata Tegar, usai menandatangani perjanjian kerja sama dengan pihak UP 45 Yogyakarta, Selasa (19/12/2017) siang.

Tentang peserta, Tegar mengatakan, seluruh siswa SLTA dan yang sederajat bisa mengikuti try out ini. Tidak terbatas pada siswa-siswi dari sekolah di Jogja dan DIY, tapi juga pelajar di luar daerah atau bahkan pelajar luar kota yang sedang berada di Jogja.

“Jogja termasuk yang antusiasmenya selalu tinggi untuk try out. Kami akan melakukan persiapan dengan sangat matang sehingga pelaksanaannya akan berjalan dengan baik,” pungkasnya. (SM)