Catut Nama Sultan, Penipu Perdayai Petani

188

KORANBERNAS.ID — WB (48) warga Kedungrejo Belitung OKU Timur Sumatra berhasil memperdaya Sakimin (62), petani dari Pedukuhan Penjalin Desa Donomulyo Nanggulan. Dengan mencatut nama Sultan Jogja dia mengeruk uang jutaan dari kantong Sakimin.

Awalnya WB bergaya dan mengaku sebagai ustad. Sejak datang ke kediaman Sakimin dia juga mengaku dekat dengan Sultan, raja yang juga gubernur DIY itu.

Agustus lalu WB akan memberikan pinjaman modal dana hibah dari Sultan. Sakimin tertarik dan ingin ikut menerima paringan Sultan tersebut.

“Hanya saja, korban diminta transfer uang administrasi terlebih dulu sebagai syarat pencairan dana bantuan,” kata Iptu Antu Nugrahanto, Kabag Humas Polres Kulonprogo, Kamis (19/10/2017).

Baca Juga :  Sitoresmi Dirikan Lembaga Akting

Awalnya WB menjanjikan dana pinjaman modal usaha sebesar Rp 300 juta dengan syarat uang administrasi Rp 2.750.000.

Seminggu kemudian, pelaku kembali mendatangi korban dan menjelaskan dana hibah naik senilai Rp 1 miliar dan korban diminta membayar uang administrasi Rp 1,5 juta.

Sudah dua kali transfer uang namun bantuan tak kunjung cair. Sakimin menanyakan ke WB.  Tetapi kemudian justru diminta transfer uang lagi Rp 3.5 juta. Kemudian diminta lagi Rp 1.5 juta. Dengan demikian sudah Rp 9.050.000 uang Sakimin ditransfer.

“Karena dana hibah itu tak pernah turun, akhirnya korban melaporkan ke polisi,” tambah Antu.

Berbekal laporan tersebut, WB  ditangkap dan saat ini diperiksa petugas. Dalam kasus ini pelaku diancam hukuman 5 tahun. (sol)

Baca Juga :  Sleman Rayakan Hari Jadi ke-102