CIMB Niaga Syariah Seriusi Konsumen KPR Pegawai

193
Niaga Diah Rahma Paramaiswari (kedua kanan), Gugup Kismono (kedua kiri), Sales and Distribution Regional Head Jateng CIMB Niaga Eling Listiany (kanan), dan Manager PT Gama Multi Usaha Mandiri Esti Purnomo (kiri) usai penandatanganan kerja sama, Selasa (17/04/2018).(istimewa)

KORANBERNAS.ID—CIMB Niaga Syariah semakin serius menggarap pasar KPR. Salah satu langkahnya, adalah dengan menyiapkan produk yang lebih fleksibel dalam tenor, down payment dan margin yang ringan serta angsuran tetap.

“Ya selama ini kan masyarakat masih beranggapan kalau margin di perbankan syariah itu tinggi sehingga beban nasabah menjadi besar. Sekarang kita pelopori perhitungan margin yang jauh lebih terjangkau masyarakat,” kata Head of Syariah Consumer and Business Management CIMB Niaga Diah Rahma Paramaiswari, disela-sela KPR Syariah Mini Expo 2018. Pameran berlangsung di University Club Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Selasa-Jumat (17-20/04/2018).

Dikatakan Diah, sistem syariah selama ini cukup diminati nasabah dari kalangan pegawai. Alasannya, sistem syariah sejak awal sudah menetapkan besaran angsuran yang pasti sehingga nasabah lebih mudah membuat perencanaan keuangan. Ketika pembiayaan ini berjalan, sekian tahun kemudian nilai angsuran terasa jauh lebih ringan, karena karir pegawai tersebut terus menanjak dengan konsekwensi penghasilannya juga meningkat.

“Kalaupun tahun-tahun lalu layanan perbankan syariah belum tumbuh signifikan, itu karena perhitungan margin yang masih terlalu besar. Tapi kalau sekarang tidak. Kita mengenakan perhitungan margin yang jauh lebih terjangkau,” ujar Diah.

Baca Juga :  Bermodal KTP, Bawa Pulang Produk Idaman

Dikatakan, sempat stagnan di kisaran 5 persen, pangsa pasar perbankan syariah mulai 2017 tumbuh menjadi 5,8 persen dari total pembiayaan perbankan. Untuk CIMB Niaga Syariah sendiri,  mamu tumbuh dari 2,67 menjadi 5,5 triliun rupiah.

“Kami optimistis, ke depan layanan perbankan syariah ini akan semakin menjadi pilihan. Selain pertimbangan riba, kami juga mampu menyediakan pembiayaan dengan margin yang jauh lebih terjangkau,” kata dia.

Untuk menyosialisasikan layanan dan produk CIMB Niaga Syariah, digelar  CIMB Niaga Syariah Gelar KPR Syariah Mini Expo 2018 di Yogyakarta. Event ini bekerjasama dengan Gama Multi Usaha Mandiri dan didukung sejumlah pengembang ternama di DIY.

Diah Rahma Paramaiswari mengatakan, selama pameran berlangsung CIMB Niaga Syariah mengajak pengunjung mewujudkan impian memiliki rumah idaman melalui sistem syariah.

“Kami hadir di Yogyakarta untuk mengajak masyarakat memanfaatkan dan berhijrah ke KPR Syariah,” kata Diah usai pembukaan, Selasa (17/04/2018).

Baca Juga :  Agar Konsumsi BBM Motor Matik Makin Hemat

Dalam pameran kali ini, CIMB Niaga Syariah menawarkan pembiayaan syariah dengan pilihan down payment (DP) dan margin ringan, angsuran tetap, serta jangka waktu yang fleksibel. Pengunjung pameran dapat memilih dua produk pembiayaan yang tersedia, yaitu KPR iB Fixed dan KPR iB Flexi.

Diah menjelaskan, melalui KPR iB Fixed, tersedia pilihan angsuran secara tetap selama jangka waktu pembiayaan. Sementara, KPR iB Flexi memungkinkan nasabah mendapat angsuran lebih fleksibel dengan mengikuti referensi rate, uang muka lebih ringan, serta jangka waktu yang lebih panjang.

Komisaris PT Gama Multi Usaha Mandiri, drs Gugup Kismono P.hD menyambut baik kegiatan ini. Dia mengatakan, program KPR dari perbankan menjadikan masyarakat lebih mudah merealisasikan keinginan untuk memiliki rumah yang layak.

Hal ini, lantaran harga tanah yang terus melambung sehingga semakin sulit dijangkau oleh kenaikan pendapatan masyarakat.

“Satu-satunya jalan ya KPR ini. Karena masyarakat bisa membayar dengan sistem angsuran sehingga terasa lebih ringan,”  jelasnya. (SM)