Ciptakan Pemilu yang Menggembirakan

49
Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto menghadiri acara Sinau Pancasila di Kantor Kecamatan Danurejan, Selasa (25/09/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Pemilu 2019 merupakan peristiwa penting bagi masyarakat untuk menggunakan kedaulatannya dalam menentukan dan memilih Presiden dan Wakil Rakyat. Hak konstitusi warga negara harus didukung bersama dengan menciptakan suasana pemilu yang damai dan menggembirakan.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi A DPRD DIY dari fraksi PDI Perjuangan daerah pemilihan Kota Yogyakarta saat menghadiri kegiatan Sinau Pancasila di Kantor Kecamatan Danurejan, Selasa (25/09/2018).

Pada acara yang diikuti 100 tokoh masyarakat ini hadir pula Camat Danurejan, Kapolsek, Danramil serta narasumber dari PSP UGM, Badan Kesbangpol DIY dan Pemkot Yogyakarta.

“Hak konstitusi warga negara dalam memilih harus kita hormati dengan bersama-sama menciptakan rasa aman, nyaman dan damai. Perkembangan teknologi informasi perlu kita sikapi, di antaranya memanfaatkan dan mengelola sosmed dengan bijak dan sehat,” ujarnya.

Fitnah, hoak dan ujaran kebencian menjadi ancaman serius bagi demokrasi, sekaligus mengancam hak dasar warga negara dalam menggunakan hak pilihnya.

Komisi A DPRD DIY bersama Pemda bekerja keras dan mengajak masyarakat melawan hoak, fitnah dan hate speech. “Kita dukung Bawaslu dan Polri tegas menegakkan hukum bagi pelaku,” ujar anggota DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

Eko Suwanto menambahkan DPRD dan Pemda memiliki tanggung jawab mendukung KPU dan Bawaslu menyelenggarakan Pemilu 2019 secara berintegritas, bermartabat dan berbudaya.

Baca Juga :  Jembatan Itu Segera Terwujud

“Jelang Pemilu 2019, peran serta dan partisipasi RW, RT dan Linmas sangat penting dalam mewujudkan lingkungan yang damai, rukun dan akrab. Perbedaan pilihan politik itu hal yang biasa saja, jangan sampai terjadi perpecahan bangsa akibat dinamika politik,” tambahnya.

Pemda, Polri dan Bawaslu perlu didukung untuk melakukan patroli siber, siskamling sosmed dengan mengajak masyarakat. “Masyarakat Jogja ini cerdas dan cinta damai. Kita harus bersama-sama kerja keras dan gotong royong mewujudkan Pemilu 2019 yang gembira dengan dasar Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan tentu saja berpikir bertindak sesuai nilai nilai luhur keistimewaan DIY,” kata Caleg DPRD DIY Dapil Kota Yogyakarta Nomor Urut 1 itu.

Eko Suwanto selfi bersama warga Kecamatan Mergangsan. (istimewa)

Sebelumnya pada Senin (24/09/2018) malam, Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto mengadakan temu warga di Kecamatan Mergangsan Yogyakarta.

Dia mengatakan, masa kampanye sudah dimulai 23 September 2018 ditandai dengan deklarasi kampanye damai yang difasilitasi KPU dan dihadiri peserta pemilu, Pemda, Bawaslu serta Forkompimda.

“Pemilu merupakan momentum bagi rakyat untuk menggunakan kedaulatannya dalam memilih presiden dan wakil rakyat secara jujur, adil, bebas dan rahasia. Guna menjamin hak konsitusi warga negara, kita berkomitmen untuk berkampanye merebut hati dan pikiran rakyat dengan lebih banyak mendengarkan aspirasi masyarakat dan menyampaikan ide gagasan untuk melayani, memberdayakan dan melindungi rakyat,” ujar Caleg DPRD DIY Dapil Kota Yogyakarta Nomor Urut 1 itu.

Baca Juga :  Biasakan Buka Jendela di Pagi Hari, Apa Manfaatnya?

Di hadapan sekitar 120 warga dan tokoh masyarakat, didampingi anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Yogyakarta, Suhartono, lebih jauh Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DIY ini menyampaikan seni kampanye adalah lebih banyak mendengarkan aspirasi masyarakat.

“Kebetulan saya sudah bertugas sebagai Ketua Komisi A DPRD DIY sehingga kesempatan bertemu warga sekaligus digunakan untuk mendengarkan suara warga. Dengan cara ini kita mengetahui berbagai masalah yang berkembang di masyarakat. Alhamdulillah sambutan warga sangar ramah. Ini menjadi energi tersendiri bagi kita. Pada prinsipnya gerakan politik harus menyatu dalam satu tarikan nafas dengan amanat penderitaan rakyat,” kata dia.

Dialog berlangsung cukup dinamis tentang strategi penanggulangan bencana termasuk bagaimana mencegah terjadinya kebakaran. Hal lain yang muncul adalah komitmen mengelola internet secara bijak dan sehat.

“Selain mendengarkan permasalahan yang berkembang, forum ini sekaligus untuk mensosialisasikan keberhasilan program Pak Jokowi dan kebijakan Pemda DIY,” tandansya. (sol)