“Coretan” Siswa SMK Dr Sutomo yang “Menghapus”  Vandalisme

617

KORANBERNAS.ID–Para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK ) DR Sutomo Temanggung melakukan bakti sosial membersihkan berbagai coretan/ vandalisme  di berbagai sudut kota Temanggung, Senin (08/01/2018 ). Aksi sosial ini dilakukan seusai pencanangan gerakan  “Kampanye Anti Vandalisme“ oleh Bupati HM Bambang Sukarno bersamaan  dengan peresmian Stadion Bhumi Phala  Temanggung.

Koordinator kegiatan M Shodiq menjelaskan, untuk menghilangkan vandalism ini, para siswa melakukan pengecatan warna putih di berbagai tembok di sejumlah lokasi.

Gerakan anti vandalisme dilakukan, karena para siswa prihatin atas maraknya aksi corat-coret yang dilakukan oknum-oknum yang tak bertanggungjawab. Coretan tidak hanya tulisan tanpa makna tapi juga gambar-gambar yang tidak beraturan.  Akibatnya dinding-dinding tembok di berbagai sudut kota baik pertokoan, rumah-rumah warga, perkantoran bahkan makam menjadi kotor tak sedap dipandang mata.

“Gerakan anti vandalisme ini sekaligus dalam rangka menyambut peringatan Hari Jadi ke-51 SMK DR Sutomo Temanggung tahun 2018 guna mendukung terciptanya lingkungan kota yang bersih, indah dan tertib. Apalagi Temanggung selama ini dikenal sebagai kota Adipura. Oleh karena itu, kepada semua pihak kita mengajak untuk berpartisipasi aktif menjaga keindahan kota,” ujarnya.

Baca Juga :  Kepala Desa Tidak Perlu Merasa Takut

Menurutnya, setelah dilakukan penghapusan, pihaknya berharap tidak ada lagi aksi corat-coret. Oleh karena itu kepada warga masyarakat diharapkan bantuannya untuk mengawasi. Jika ada yang akan melakukan aksi corat-coret hendaknya dicegah agar kebersihan dan keindahan kota tetap terjaga. Kepada pemerintah diharapkan bertindak tegas terhadap pelaku vandalisme supaya jera dan sadar tidak mengulangi lagi dengan memanggil orang tua atau guru bagi pelaku yang masih sekolah.

Gerakan tersebut lanjutnya juga akan diarahkan sebagai sebuah gerakan moral dan sosial budaya untuk menyelamatkan generasi muda dari bahaya aksi vandalisme.

Kepala SMK DR Sutomo Drs. Asrofi mengatakan pihak sekolah secara kontinyu mengkampanyekan gerakan cinta lingkungan. Bukan hanya kepada masyarakat umum, tapi prioritasnya justru kepada para siswa.

Baca Juga :  Padat Karya Tunai Dongkrak Ekonomi Rakyat

Komitmen tersebut diwujudkan dengan penghapusan coretan-coretan  di lingkungan kota Temanggung bekerjasama  dengan forum “Berbagi Info Temanggung“ .

Dia berharap melalui  gerakan tersebut para siswa  memiliki kesadaran tinggi untuk  peduli lingkungan dengan tidak melakukan  aksi corat coret di sembarang tempat.

“Saya berharap kepada para siswa yang menyenangi kegiatan corat coret hendaknya disalurkan secara positif  misalnya dengan menekuni seni lukis ,  grafiti dan mural. Dengan demikian segala ide kreatifitas seni bisa diekspresikan dikanvas atau media lain yang dibenarkan. Bukan malah merusak keindahan lingkungan,” katanya.

Terpisah Bupati Bambang Sukarno menyambut positif atas inisiatif SMK DR Sutomo menggelar gerakan Temanggung Bersih Vandalisme yang dinilai sangat membantu mewujudkan lingkungan kota yang tertib, bersih, indah dan nyaman. Bupati  berharap apa yang dilakukan tersebut menginspirasi semua pihak untuk melakukan gerakan kebersihan di lingkungannya masing-masing, sehingga gerakan kebersihan menjadi budaya seluruh warga.(SM)