Cuaca Masih “Ganggu” Produktivitas Durian Temanggung

235
Sakir ditemani istrinya membuka buah durian untuk disuguhkan ke konsumen, Senin (18/12/2017). Cuaca yang kurang baik, menjadikan panen durian di desa ini kurang maksimal. (Endri Yarsana/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Beberapa petani durian di wilayah Desa Ngropoh Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung mengakui hasil panen tahun ini kurang memuaskan. Hal ini disebabkan masih seringnya hujan dengan intensitas yang cukup tinggi.

Sakir (45), salah satu petani durian yang berasal dari Desa Ngropoh ketika ditemui, Senin (18/12/2017) mengatakan, hasil durian tahun ini tidak  maksimal karena banyak pohon durian yang gagal panen.

Bukan hanya tahun ini, hal yang sama terjadi sejak tiga tahun terakhir. Hal itu terjadi karena pengaruh cuaca. Saat pohon durian mulai berbunga, curah hujan tinggi sehingga banyak bunga yang rontok.

“Tidak maksimal tapi untuk tahun ini lumayan sehingga bisa untuk membantu pendapatan ekonomi dan tambahan penghasilan keluarga kami,”paparnya.

Setiap musim panen, dari puluhan pohon durian miliknya, Sakir bisa memanen ribuan buah durian. Hasil penjualan buah berbuah manis legit ini, Sakir mengantongi uang hingga Rp 50-Rp 60 juta rupiah.

“Alhamdulillah panen sekarang meski belum optimal, dari hasil penjualan durian sudah dapat pengasilan mencapai 15 hingga 20 juta rupiah,” ungkapnya. (SM)