Cukup Tunjukkan Fotokopi KK dan Akta

238
Antrean warga di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Komplek Pemkab Klaten. (masal gurusinga/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten menerbitkan surat edaran terkait penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2018 untuk SD, SMP, SMA dan SMK.

Surat edaran yang ditujukan kepada koordinator pendidikan dan Kepala SMP Negeri dan Swasta itu menyebutkan agar pendaftar cukup menunjukan fotokopi kartu keluarga (KK) dan akta kelahiran (AK) pada saat registrasi.

Selain itu, koordinator pendidikan wilayah (UPTD) dan kepala SMP Negeri dan swasta diminta meneruskan informasi itu kepada seluruh peserta didik di wilayah masing-masing dan masyarakat luas yang mau mengikuti PPDB 2018.

Edaran Dinas Pendidikan itu cukup melegakan warga yang ingin mendaftarkan anaknya di PPDB 2018. Sebelum ada edaran itu warga masih berpatok pada aturan PPDB 2017 di mana calon peserta didik baru yang hendak mendaftar wajib menyertakan legalisir KK dan AK.

Akibatnya, Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) dipenuhi warga yang hendak legalisir KK dan AK.

Melonjaknya pemohon legalisir AK dan KK juga diakui Plt Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dukcapil Sri Hartanto. “Memang ada lonjakan permohonan legalisir akta dan KK. Tapi sifatnya temporer karena mau pendaftaran murid baru,” kata Sri Hartanto yang sehari-hari menjabat Kasi Perencanaan Dukcapil itu.

Kepala SMP 2 Wedi Agnes yang dikonfirmasi melalui whatsapp mengaku menerima edaran tersebut dan telah diinformasikan kepada masyarakat luas. (sol)