Curug Lawe Mendatangkan Rezeki

141
Bupati Temanggung HM Bambang Soekarno melaunching wisata alam Curug Lawe. (endri yarsana/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Ratusan warga Desa Muncar Kecamatan Gemawang Kabupaten Temanggung berbondong-bondong mendatangi lokasi launching wisata alam Curug Lawe, Senin (13/11/2017).

Ketua panitia Launching Wisata Curug Lawe, Sudiyanto, menyampaikan apreisasi untuk Bupati Temanggung dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) yang berkenan hadir.

“Semoga dengan adanya wisata alam ini dapat memberikan kesejahteraan warga sekitar Curug Lawe serta mendapat rezeki yang berkah dan manfaat, ” paparnya.

Kepala Desa Muncar, Sis Bambang, juga menyampaikan apresiasi kepada Bupati Temanggung. “Pada kesempatan kali ini senang sekali bisa mengumpulkan warga Muncar sebanyak ini, dan dengan bangga Bapak Bupati dapat menghadiri acara launching Curug Lawe,” ujarnya.

Apresiasi serupa dia sampaikan kepada Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik Kementerian Dalam Negeri (Kesbangpol), Dinas Pariwisata dan Perhutani yang telah mempercayakan wisata Curug Lawe untuk dikelola Pemerintah Desa.

Baca Juga :  Camat Dilatih Wujudkan Kota Tanpa Kumuh

Semoga tempat wisata ini dapat menjadi wisata andalan yang ada di Temanggung dan dapat mendatangkan wisatawan luar daerah.

Camat Gemawang, Eko Suprapto, menyatakan setelah launching Curug Lawe rencana berikutnya dilaksanakan launching Curug Panas.

Pemerintah akan selalu bersama-sama mendukung dan mengembangkan pariwisata alam di pedesaan untuk kemajuan perekonomian masyarakat.

Pada koordinasi pengelolaan wisata alam Curug Lawe sudah ada kesepakatan pembagian laba 25 persen untuk Perhutani dan 75 persen untuk LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan), tambah Eko.

Bupati Temanggung HM Bambang Soekarno dalam sambutannya sekaligus membuka acara launching wisata alam Curug Lawe menegaskan, tempat wisata ini jangan dikelola pihak lain namun benar-benar harus dijaga oleh desa dan dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Baca Juga :  Kreativitas Kunci Memulai Usaha

Tujuannya supaya seluruh masyarakat ikut merasakan manfaat dari lokasi wisata alam Curug Lawe. Dan kedepan wisata alam ini menjadi ikon dari Desa Muncar.

Pada kesempatan ini saya bersama Pak Hendi, agar mendesain jalan menuju lokasi Curug Lawe menjadi lebih indah lagi. Bahkan nantinya Desa Muncar akan kami usahakan untuk mendapat dana Rp 15 miliar untuk pembangunan jalan, penerangan jalan serta pembangunan jembatan gantung,” kata bupati.

Dia berharap Kecamatan Gemawang bertambah cantik. “Namun saya titip keamanan dan ketertiban masyarakat agar dikelola dengan sebaik-baiknya,” pinta bupati. (sol)