Daftar Lebih Awal agar Bisa Khitan Tahun Depan

442
Dirut Bank Sleman Muh Sigit SE MSi memantau langsung pelaksanaan khitanan massal, Sabtu (28/10/2017). (bid jalasutra/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Sebagai bentuk tanggung jawab kepada masyarakat kurang mampu, Bank Sleman mengadakan sunatan massal. Kegiatan sosial ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-36 bank milik Pemkab Sleman tersebut.

Direktur Utama (Dirut) Bank Sleman, Muh Sigit SE MSi, pada acara khitanan masal di halaman belakang Bank Sleman Jalan Magelang Tridadi Sleman, Sabtu (28/10/2017), menyampaikan animo masyarakat dari tahun ke tahun meningkat.

Terbukti hanya selang dua hari dibukanya pendaftaran, peserta langsung mencapai 105 anak. “Bagi masyarakat yang akan mengkhitankan putranya bisa mendaftar lebih awal ke Bank Sleman untuk mengikuti kegiatan tahun depan,” ujarnya.

Tahun ini, peserta yang dikhitan mencapai 105 anak dari keluarga kurang mampu di wilayah Kabupaten Sleman. Kegiatan lain yang telah dan akan dilaksanakan adalah bedah rumah, bantuan sarana parasarana untuk sekolah dan desa ramah anak, pembagian sembako serta pemberian bantuan bagi usaha mikro.

Baca Juga :  Membaca Buat Kita Tak Gampang Terprovokasi

Kegiatan khitanan massal diawali pemberian motivasi oleh dr Kunto Budi Santosa. Selaku pelaksana kegiatan khitanan massal dia menyampaikan pentingnya khitan bagi kesehatan anak.

Sejumlah 17 tenaga medis diturunkan dan menggunakan peralatan laser, untuk mengurangi darah keluar dan cepat sembuh.

Digunakan pula bius lokal supaya anak tidak merasakan sakit. “Sehari dua hari anak sudah bisa pulih kembali, bermain dan Senin bisa masuk sekolah seperti biasa,” kata dia.

Pelaksanaan khitan diawali secreening yakni observasi kondisi alat kelamin anak dan kesehatan lainnya. Ini penting untuk mengetahui apakah anak bisa diiikutkan khitanan massal.

Bila diketahui ada kelainan pada alat vital anak seperti micro penis dan hipospodia maka tidak bisa diikutkan dalam khitanan masal dan harus dilakukan di rumah sakit. Karena tidak ditemukan gejala kelainan sehingga 105 anak itu dapat diikutkan khitanan massal.

Baca Juga :  SMPN 4 Pakem Sabet Empat Juara LKIR Sleman 2018

Dengan delapan bed, pelaksanaan khitan kurang lebih selama 15 sampai 20 menit. Namun tidak sedikit anak-anak takut setelah memasuki ruang khitan sehingga perlu dibujuk supaya tidak takut dan mau dikhitan.

Berkat ketelitian dan kepandaian tim medis dibantu segenap karyawan Bank Sleman, anak-anak semuanya dapat dikhitan. (sol)