Dakwah Milenial Rofa Band Lewat Musik

640
KH Muhammad Fuad Riyadi atau sering disapa Gus Fuad Plered (kanan) bersama Harsha Tanjung (kiri) menyampaikan single terbaru Rafa Band berjudul “Dia Slalu Menyayangimu” di PP Roudlotul Fatihah, Plered, Bantul, Jumat (27/04/2018). (yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID –Sebaik-baiknya dakwah adalah dakwah yang gembira. Apalagi jika dakwah tersebut disampaikan dengan cara yang lebih mudah dan menarik, misalnya lewat seni musik, apalagi bagi generasi muda.

Sebab dakwah dengan monolog kadangkala dianggap membosankan. Generasi milenial membutuhkan metode dakwah yang lebih mengena dan lekat dengan keseharian mereka.

Karena itulah kelompok musik tasawuf besutan KH Muhammad Fuad Riyadi atau sering disapa Gus Fuad Plered, Rofa Band mengeluarkan single terbaru mereka berjudul “Dia Slalu Menyayangimu” Menggandeng Harsha Tanjung, musisi senior asal  Yogyakarta yang menjadi music director sekaligus produser, single tersebut dirilis secara resmi pada Jumat (27/04/2018) di Pondok Pesantren (PP) Roudlotul Fatihah, Plered, Bantul.

Lagu baru grub yang dibentuk sejak 1 Oktober 2015 tersebut menceritakan tentang sosok Nabi Muhammad yang selalu menyayangi manusia tanpa kecuali. Ide itu muncul karena selama ini masih banyak umat Islam yang minim pengetahuan mendasar tentang Rasulullah.

Baca Juga :  Muhammadiyah Serukan Perdamaian dan Kerukunan

“Umat muslim tak diberi keyakinan bahwa Nabi Muhammad itu selalu mencintai, menyayangi semua makhluk Tuhan termasuk manusia itu sendiri,” ujarnya.

Menurut Gus Fuad, tidak peduli apa pun latar belakang manusia itu, apa pun agamanya pasti selalu dicintai Rasulllah. Sebab Nabi Muhammad senantiasa selalu bisa melihat, memandang manusia yang masih hidup di dunia. Intinya Nabi Muhammad selalu membawa pesan damai dan gembira.

“Kalau manusia itu sedih maka Nabi justru merasa ikut sedih, merasa berat,” tandasnya.

Dicontohkannya, dalam surat di At-Taubah ayat 128, ‘Terasa berat oleh beliau penderitaan kalian,’ Nabi  menginginkan kita-kita yang masih hidup ini harus selalu merasa gembira dan sukses.

Melalui lagu baru tersebut, Gus Fuad berharap bisa menjadi peluru awal dari ROFA di tahun 2018. Single ‘Dia Slalu Menyayangimu’ ini sudah bisa dinikmati video liriknya melalui kanal YouTube ROFA Band Official dan tersedia pula di gerai-gerai musik digital seperti iTunes, Spotify, dan JOOX.

Baca Juga :  Pendidikan Putuskan Mata Rantai Kemiskinan

Rencananya dalam waktu dekat ROFA juga akan mengeluarkan album kedua berisi 12 lagu yang sebagian besar lagu-lagunya berisi tentang rasa sayang dan cinta Nabi Muhammad kepada umatmanusia. Dari genrenya sendiri, musik ROFA memilih mengusung pop-rock yang dirasa masih sangat dekat dengan telinga anak-anak muda.

“Intinya di keseluruhan album ROFA besok itu begini. Kalau biasanya selama ini lagu-lagu religi itu membawa jargon ‘Aku cinta Rasul’ dan sejenisnya, kalau ROFA justru tidak begitu. ROFA malah mau menceritakan bagaimana sebenarnya perasaan cinta Nabi Muhammad kepada manusia. Nabi itu adalah ‘bapak kita’, orangtua terbesar kita. Rasa sayang seorang ibu kalau dibandingkan sama sayangnya Nabi kepada kita nggak ada apa-apanya. Sayangnya ibu itu mungkin ibaratnya sepersatu triliun lebih kalau mau dibandingkan sama rasa sayang Nabi pada kita. Dan malah tak terbatas lagi,” tandasnya.(yve)