Dandim 0732/Sleman Memanen Kedelai Bersama Petani Sumberharjo, Prambanan

55
PANEN KEDELAI -- Dandim 0732 Sleman Letkol Inf. Diantoro, SIP memanen kedelai bersama masyarakat Desa Sumberharjo, Prambanan. (Foto: Pendim 0732-Slm/Koran Bernas).

KORANBERNAS.ID – Komandan Kodim 0732/Sleman Letkol Inf. Diantoro, SIP bersama Kelompok Tani Margo Mulyo Dusun Bendungan, Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan melaksanakan panen kedelai, Senin (17/9/2018). Panen kedelai itu dilaksanakan dalam rangkaian peresmian Gudang Mandiri Benih Kedelai Prambanan, dilanjutkan evaluasi kinerja UPJA Berprestasi tahun 2018 di tempat Kantor UPJA Sumber Makmur, Dusun Cudan, Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan.

Penerangan Kodim 0732/Sleman Kamis (20/9/2018) menjelaskan, kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala BPTP Yogyakarta, Kepala Dinas Pertanian Yogyakarta, Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Kab. Sleman, Kepala BPSB Dinas Pertanian Yogyakarta, Tim Penilai Evaluasi UPJA th 2018, Camat Prambanan, Pasiter Dim 0732/Sleman, Danramil Prambanan, Kepala UPT BP4 Wil VIII Prambanan, Kepala Desa Sumberharjo dan undangan lain.

Baca Juga :  Transaksi Belum Meningkat, Harga Sapi Merangkak Naik

Ketua Gapoktan Margo Mulyo dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan kegiatan Upaya Khusus (Upsus) Gerakan Penerapan Pengalolaan Tanaman Terpadu (GP-PTT) menggunakan sistem tanam legowo. Ada pun luas tanaman kedelai di wilayah Sumberharjo 120 hektar. Desa Sumberharjo sendiri berada di daerah ketinggian dan juga dataran rendah.

“Hasil panen kedelai akan dimanfaatkan menjadi bahan pangan, jadi bukan dipasarkan berupa bahan mentah, tapi sudah diolah seperti untuk indusri tempe dan tahu, sehingga akan memberikan nilai tambah bagi petani,” ujarnya.

Sedangkan Komandan Kodim 0732/Sleman Letkol Inf Diantoro, SIP mengatakan, dalam kegiatan Upsus ini anggota TNI khususnya Bintara Pembina Desa (Babinsa) diterjunkan untuk melakukan pendampingan terhadap para petani. Di wilayah masing masing. Untuk Desa Sumberharjo Babinsa yang diterjunkan adalah Serda Budi P di bawah kendali Danramil Prambanan Kapten Inf Sarjono. Para Babinsa sebelum diterjunkan telah mengikuti pelatihan termasuk mereka membantu dari mulai penanaman hingga paska panen.

Baca Juga :  Inilah Cara SSB AMS Jaring Bibit Pesepakbola

“Kami mendampingi para petani dalam rangka meningkatkan produksi kedelai sehingga bisa mencapai swasembada sebagaimana dicanangkan pemerintah,” tegas Dandim. (*/Pendim 0732-Slm)