Dandim Purbalingga Jadi Tukang Ojek

204
Letkol Inf. Andi Bagus, DA, SIP memboncengkan tiga anak kecil warga Desa Karangjambu menuju lokasi TMMD di bagian ujung desa itu. (istimewa)

KORANBERNAS.ID–Komandan Distrik Militer (Dandim) 0702/Purbalingga, Letkol Inf. Andi Bagus, DA,SIP, Minggu  (08/04/2018) mengunjungi anak buahnya yang sedang mengerjakan pengerasan jalan dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 101 di Desa Karangjambu, Kecamatan Karangjambu, Purbalingga.

Mengingat kondisi medan yang berat, ditandai jalan naik turun serta penuh tikungan, untuk menuju ke lokasi TMMD, Dandim mengendarai sepeda motor trail.

Sebelumnya, dari Markas Kodim 0702 Purbalingga, Dandim menggunakan mobil dinas. Memasuki Desa Karangjambu yang jaraknya sekitar 31 km arah utara Kota Purbalingga, Dandim berganti sepeda motor trail.

Sebelum sampai ke lokasi TMMD, Dandim yang dikenal dekat dengan anak buahnya ini, bertemu tiga orang anak usia SD di tengah jalan yang akan bermain-main ke lokasi TMMD.

Spontan, Dandim menjadi tukang ojek dadakan, mengajak Deki, Roso dan Ian untuk naik membonceng sepeda motor  trail, menuju ke lokasi TMMD.

Baca Juga :  Pelajar Jangan Nakal dan Jauhi Narkoba

“Ayo naik trail sama komandan. Kita pelan-pelan jalannya, biar selamat sampai ke lokasi TMMD. Nanti kalian saya antar pulang ke rumah masing-masing, naik trail ini lagi,”ujar Dandim Letkol Andi Bagus.

Ketiga anak kecil itu pun segera naik ke sepeda motor trail yang dinaiki Dandim Andi Bagus. Anak-anak Desa Karangjambu sengaja datang ke lokasi makadam TMMD hanya sekadar untuk bermain dan melihat apa yang sedang dilaksanakan para tentara di desanya.

Kurang lebih seperempat  jam, Dandim yang momong anak-anak itu sampai di lokasi TMMD  di bagian ujung Desa Karangjambu. Tak hanya itu, Dandim juga turut mengantarkan pulang anak-anak ke rumahnya masing-masing menggunakan motor trailnya.

Baca Juga :  "Tentara Mengerti Kondisi Kami..."

Saat berada di lokasi TMMD, Dandim memberikan pengarahan kepada anak buahnya yang sedang mengeraskan jalan, untuk selalu bergotong-royong dengan warga.

“Saya salut dengan kiprah kalian. TNI harus menyatu dengan rakyat, untuk menyukseskan berbagai kegiatan TMMD ini,” pesan Andi bagus.

Program TMMD Reguler 101 Kodim 0702 Purbalingga di Desa Karangjambu, memang banyak kegiatannya . Diantaranya membangun akses jalan sepanjang 1.975 meter dengan lebar jalan 7-9 meter, membangun gorong-gorong dengan volume 0,40 x 7 meter (dua buah), pembangunan talud volume 30 x 2 meter dan pembangunan pagar SMP N 1 Karangjambu 25×2 meter.

Juga melakukan kegiatan non fisik berupa penyuluhan mental ideologi, kesadaran berbangsa dan bernegara, penyuluhan bidang kesejahteraan rakyat, dan penyuluhan bidang pertanian.

Dijadwalkan, TMMD ini akan berlangsung selama sebulan, hingga  4 Mei mendatang. (SM)