Dapat Pujian, UMKM Jogja Perluas Pasar e-Commerce

148
Talkshow “Business Online: To Be Or No To Be” di Novotel Hotel, Jumat (11/05/2018).(yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID –Di era teknologi informasi, pemanfaatan e-commerce sangat dibutuhkan untuk memperluas jaringan usaha, termasuk bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di DIY. Apalagi UMKM di DIY yang selaras dengan budaya lokal.

“Produk UMKM Yogyakarta khas dan kaya akan cerita selaras dengan budaya lokal. Hal ini menjadi daya tarik bagi konsumen yang bisa semakin besar apabila memanfaatkan e-commerce,” papar Geoffrey L. Dermawan, SVP Merchant Sales, Operation & Development Blibli.com dalam talkshow bertema “Business Online: To Be Or No To Be” di Novotel Hotel, Jumat (11/05/2018).

Menurut Geof, Yogyakarta merupakan pusat kebudayaan, pariwisata, pendidikan dan kreatif, yang tercermin di berbagai produk karya UMKM lokal yang khas. Pemanfaatan e-commerce sebagai platform untuk memperluas pasar ke seluruh Indonesia pun akhirnya harus dilakukan.

Baca Juga :  Jumlah TPS Akan Ditambah

Karenanya kerjasama berbagai pihak diperlukan. Diantaranya kerjasama dengan The Joedo Center selaku Pengelola Rumah Kreatif BUMN (RKB) Yogyakarta mendampingi UMKM di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Diantaranya melalui pelatihan, perekrutan dan pendampingan UMKM binaan The Joedo Center dan pemasangan Blibli InStore di Galeri UMKM Binaan The Joedo Center.

UMKM juga tetap dapat memantau perkembangan bisnis melalui aplikasi Merchant Application Tools (MTA) yang telah disediakan. Selain itu kompetisi tahunan The Big Start Indonesia (TBS) juga digelar dalam rangka mencari wirausaha UMKM kreatif terbaik di Indonesia.

“Kami menyiapkan fasilitas yang memudahkan UMKM berkembang bersama Blibli.com, baik dari sisi teknologi, standar pelayanan ekstra bagi pelanggan, galeri Indonesia kategori khusus yang menjadi semacam etalase produk atau toko bagi para UMKM, beragam metode pembayaran, dan fasilitas pengiriman bebas ongkir,” jelasnya.

Baca Juga :  Waspadai Mata Anda Ketika Terasa Mulai Berkabut

Hanitianto Joedo, Direktur The Joedo Center mengungkapka, pihaknya melakukan pendampingan UMKM, dengan mencari dan menyediakan berbagai fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh UMKM, terutama dalam pemasaran produk mereka secara online.
“Kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk UMKM secara online, selain memperkenalkan bisnis online bagi mereka yang belum mengetahui dan memanfaatkannya,” paparnya.(yve)