Dari Minat Baca Tumbuh Budaya Menulis

53
Sekda Kabupaten Sleman Sumadi SH MH menerima buku dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ir AA Ayu Laksmi Dewi Tri Astika,  Selasa (18/09/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Dalam rangka meningkatkan minat baca di Kabupaten Sleman, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menerbitkan buku bertajuk Merajut Kebersamaan Menjadi Kekuatan. Buku tersebut diterbitkan pada acara Gemilang Perpustakaan, Selasa (18/09/2018), di P4TK Kesenian Yogyakarta.

Dalam acara tersebut hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sleman Sumadi SH MH. Dia bangga dan mengapresiasi diterbitkannya buku tersebut.

Ini merupakan wujud komitmen Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman mengembangkan budaya literasi.

Semangat literasi untuk membaca kemudian menulis semoga tidak hanya di lingkungan birokrasi saja  namun diikuti oleh masyarakat.

“Saya berharap ke depannya 80 persen penduduk Sleman mampu mengunjungi perpustakaan,” tambah Sumadi.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman Ir AA Ayu Laksmi Dewi Tri Astika Putri, mengatakan peluncuran buku yang ditulis oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan ini semoga menjadi contoh masyakarat untuk menumbuhkan minat baca, kemudian dilanjutkan menulis.

Baca Juga :  Menteri Desa Ingin Setiap Desa Bangun Embung

Melalui buku  ini Ayu ingin menyampaikan pesan mengenai pentingnya menyatukan kekuatan agar tercapai tujuan. Ayu menggambarkan penyatuan Dinas Kearsipan dan Dinas Perpustakaan yang dulunya berbeda institusi, sekarang menjadi satu institusi.

Dia juga menjelaskan buku tersebut adalah hasil tulisan dari pegawai struktural dan fungsional Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman.

Ada 29 penulis yang terlibat. Terbitnya buku ini berkat arahan dan bimbingan Wartawan Utama Dewan Pers, YB Margantoro.

“Menyatukan dua kantor secara fisik memang mudah, tapi tidak dengan penghuninya. Menyatukan staf dari dua kantor berbeda memiliki seni tersendiri dan perlu proses serta motivasi dan komitmen yang tinggi,” kata Ayu.

Acara Gemilang Perpustakaan ini diadakan dalam rangka menyambut Hari Kunjung Perpustakaan Nasional. Tujuannya untuk meningkatkan minat baca dan memberikan apresiasi kepada para penggiat literasi di Kabupaten Sleman.

Baca Juga :  Terima Sertifikat ISO, Disdukcapil Bantul Dorong Layanan Prima

Acara  diawalai talk show Gerakan Literasi menuju Smart Regency yang menghadirkan beberapa narasumber di antaranya Drs Widiyanto MSi dari Perpustakaan Nasional RI,  Kepala BPAD DIY Dra Monika Nur L MM serta Dra Irene Nusanti MA dari P4TK Kesenian Yogyakarta.

Pada kesempatan tersebut dilakukan penyerahan 44 penghargaan kejuaraan/lomba yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman. Acara diakhiri softlaunching  Sleman One Search, yaitu aplikasi katalog perpustakaan yang dapat diakses bersama. Ada delapan desa yang menandatangani MoU terkait aplikasi tersebut. (sol)