Dari Selembar Kertas Tertulis Identitas Mayat Bayi Bernama Khilafah

1145

KORANBERNAS.ID — Sesosok mayat bayi berkelamin laki-laki ditemukan di dalam kardus yang dilakban warna hitam di depan  loket penjualan karcis  Bus PO Sumber Alam Jalan Ring Road Selatan Singosaren Banguntapan Bantul, Rabu (4/07/2018) pagi.

Saat ditemukan oleh Riyanto (54) Warga Prenggan Kotagede, bayi dengan berat 2,5 kilogram dan panjang 51 sentimeter tersebut terbungkus selimut bayi warna merah jambu.

Ditemukan pula selembar kertas bertuliskan identitas bayi bernama Khilafah lahir 3 Juli 2018 atau sehari sebelum ditemukan.

Keterangan yang berhasil dihimpun koranbernas.id kasus penemuan itu berawal saat Riyanto hendak pulang ke rumahnya sekitar pukul 03:00. Saat melintas di sekitar TKP dirinya melihat kardus di bawah tiang listrik.

“Saya kemudian berhenti dan membawa kardus ke depan loket penjualan PO Sumber Alam karena penasaran. Betapa kaget saat kardus saya buka, saya lihat ada mayat bayi,” kata Riyanto kepada petugas.

Dia kemudian memberitahu keamanan kampung sekitar lokasi bernama Soji (50) yang tinggal di Sarirejo 1  Singosaren. Kemudian penemuan mayat tersebut dilaporkan Soji ke Polsek Banguntapan.

Petugas Polsek Banguntapan dipimpin Ka SPK Aiptu Petrus mengamankan TKP dengan memasang police line dan mengatur warga agar tidak mengerumuni korban, dan menghubungi Puskesmas Banguntapan II serta Ident Bantul.

Petugas melakukan pemerksaan di lokasi penemuan mayat bayi. (istimewa)

Dokter Wahyu Pamungkasih dibantu Bidan Listiyani dari Puskesmas Banguntapan II yang tiba di lokasi segera melakukan pemeriksaan.

“Dari hasil pemeriksaan ini kami perkirakan bayi ini lahir dalam kondisi hidup dengan proses persalinan bagus,” kata dokter Wahyu.

Dari pemeriksaan juga diketahui plasenta masih segar dan tali pusar sudah dipotong dengan rapi. Plasenta itu ditemukan di dalam tas kresek warna hitam di dalam dus tersebut. Dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan tanda penganiayaan dalam tubuh bayi.

Diperkirakan bayi itu meninggal karena kedinginan dan belum ada dua jam meninggal saat pertama kali ditemukan. Selanjutnya mayat bayi dibawa ke RS Bhayangkara.

Kanit Reskrim Polsek Banguntapan Iptu Ryan Permana Putra SH mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait penemuan mayat bayi tersebut. (sol)