Dari Tugu Jogja untuk Rohingnya

335
Aksi damai Solidaritas Cipayung, Selasa (12/09/2017) malam, di Monumen Tugu Yogyakarta. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Mahasiswa tergabung dalam kelompok Solidaritas Cipayung di Yogyakarta, Selasa (12/09/2017) malam, menggelar demo mengutuk kekerasan pemerintah Myanmar terhadap warga Rohingnya.

Mereka yang terdiri dari unsur-unsur mahasiswa GMKI, PMII, PMKRI, HMI dan LMND serta aktivis hak asasi manusia (HAM) mengadakan aksi damai di Monumen Tugu Yogyakarta.

Seraya mengibarkan bendera Merah Putih dan bendera ormas elemen, dengan khidmat peserta aksi menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan menyalakan lilin dengan konfigurasi hati di antara foto-foto korban Rohingya.

Aksi kali ini ditutup dengan doa oleh mantan  aktivis Angkatan  1966 Yogyakarta sekaligus pegiat PMII, drg H Ircham Machfoedz MS.

Diawali teriakan pekik merdeka untuk menyemangati peserta, Ircham  mendorong semua elemen masyarakat dan mahasiswa Indonesia membantu pemerintah Indonesia yang sudah aktif mengambil peran di barisan terdepan dalam upaya penyelesaian konflik Rohingnya.

Baca Juga :  Ditolak Naik Trans Jogja Gara-gara Durian

“Untuk melaksanakan tugas kemanusiaan ini, mahasiswa dan seluruh elemen bangsa harus bersatu,” seru Ircham. (arie giyarto)