Darurat Kekeringan Masih Berlanjut

ACT DIY Droping Air Bersih di Gunungkidul

46
Tim ACT DIY melakukan droping air bersih di Gunungkidul. (istimewa)

KORANBERNAS.ID – Darurat kekeringan yang melanda sebagian wilayah Kabupaten Gunungkidul sejak Ramadan lalu belum berakhir. Meski sebagian daerah sempat diguyur hujan namun belum mampu mengatasi kekeringan di kabupaten itu.

“Informasi yang kami terima dari BPBD Gunungkidul, kekeringan diperkirakan sampai November, karena itu Aksi Cepat Tanggap (ACT) DIY terus melakukan droping air bersih,” jelas Kharis Pradana, Koordinator Program ACT DIY.

Droping air bersih yang dimulai akhir Juli silam hingga kini menjangkau beberapa titik kekeringan di wilayah Kecamatan Gedangsari, Ngawen, Semin, Paliyan, Purwosari dan Girisubo.

Pada Minggu sampai Rabu (23-26/09/2018) tim DERM (Disaster Emergency Response and Management) melakukan droping air sejumlah 37 tangki di Desa Hargomulyo Kecamatan Gedangsari.

Baca Juga :  Tenang, Jatah Raskin Oktober Turun

Program bantuan kemanusiaan bekerja sama dengan Lazis Perkasa SGM ini diisi pengajian dan pembagian paket sembako kepada 40 KK (Kepala Keluarga) yang membutuhkan.

Lurah setempat, Sumaryanta, sangat mengpresiasi kegiatan tersebut. “Saya mewakili masyarakat Desa Hargomulyo sangat berterima kasih kepada ACT dan Lazis Perkasa SGM. Kami berharap ada program lain yang berkelanjutan di desa kami setelah droping air ini,” kata dia. (sol)