Datangkan Wisman dengan Merapi Tourism Festival

130
Kepala Dinas Pariwisata Sleman Dra Hj Sudarningsih MSi menjelaskan rencana kegiatan Merapi Tourism Festival 2018, Selasa (25/09/2018), di Atrium Jogja City Mall. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Dalam rangka memperingati Hari Pariwisata Internasional, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman melalui Dinas Pariwisata (Dinpar) berencana menggelar Merapi Tourism Festival 2018. Acara tersebut rencananya dilaksanakan 29-30 September 2018 di Museum Gunung Api Merapi.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Dra Hj Sudarningsih MSi kepada awak media  di Atrium Jogja City Mall, Selasa (25/09/2018), mengungkapkan kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung di kawasan lereng Gunung Merapi.

Acara tersebut juga diharapkan semakin menegaskan Gunung Merapi sebagai ikon wisata Sleman. “Meskipun sekarang sudah lumayan banyak yang berwisata ke daerah Kaliurang, dengan acara ini kita harapkan lebih meningkat lagi,” ucapnya.

Untuk wisatawan mancanegara, Kaliurang menempati peringkat dua setelah Candi Prambanan. Sedangkan untuk wisatawan local, Kaliurang menempati peringkat pertama.

“Meski begitu kita akan terus menyuguhkan atraksi-atraksi yang mampu menarik wisatawan datang lebih banyak lagi,” tambahnya.

Festival yang baru pertama diadakan ini meliputi tiga kegiatan utama. Di antaranya lomba Basket Three on Three, Cooking Competition, Cooking Class.

Pihaknya melibatkan orang-orang yang kompeten di bidangnya, akan ada pebasket profesional mengikuti lomba Basket Three on Three.

“Sedangkan untuk Cooking Competition dan Cooking Class kita akan mengundang Chef Juna sebagai narasumber dan juga juri,” ujarnya. (sol)