Deretan Kuliner Kebumen Ini Diharapkan Jadi Ikon

529
Warung makan Nasi Penggel, di Gunungsari, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen. Terkesan sederhana, tetapi penggemarnya dari semua kalangan. (istimewa)

KORANBERNAS.ID—Ada asa atau harapan beberapa kuliner khas Kebumen mendunia. Jika harapan itu terwujud, kuliner Kebumen tidak hanya diperdagangkan di Kebumen saja, tetapi di daerah lain. Perlu diciptakan kuliner itu dengan cita rasa yang bisa diterima masyarakat luas, dengan tidak meningggalkan cita rasa khas kuliner Kebumen.

Harapan itu dikatakan Kepala Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Kebumen Azam Fatoni kepada wartawan Selasa (03/10/2017). Jika belum mampu mendunia, setidaknya menu-menu khas ini diharapkan dapat dinikmati masyarakat pecinta kuliner di luar Kebumen.

Nah, salah satu caranya Pemkab Kebumen bekerja sama dengan televisi swasta nasional menyelenggarakan acara hiburan live, untuk mengenalkan kuliner khas Kebumen. Artis pendukung kegiatan itu, akan disuguhi kuliner khas Kebumen, seperti Nasi Penggel, Soto Petanahan, dan Sate Ambal.

Baca Juga :  Pusat  Kuliner Belut Belum Maksimal

“Tidak ada suguhan lain, hanya kuliner khas Kebumen, sekaligus mempromosikan  kepada publik, ini lho kuliner khas Kebumen,” ujar Azam Fatoni.

Kuliner khas Kebumen yang menjadi incaran warga Kebumen di perantauan   ketika pulang kampung, di masa mendatang diharapkan bisa diperdagangkan di luar Kebumen. Sehingga masyarakat Kebumen di perantauan, tidak hanya saat pulang kampung, bisa menikmati kuliner khas Kebumen.

Keterkenalan kuliner khas Kebumen, memang sulit jika dibandingkan dengan   masakan Padang.  Jika ada warga Kebumen yang berani membuka rumah makan nasi penggel, Soto Petanahan, serta Sate Ambal di luar Kebumen,  asa itu bisa terwujud.

“Perlu chef yang bisa menjadikan Sate Ambal, tetap rasa khas Kebumen manis rasanya,  tetapi cocok untuk lidah masyarakat di luar Kebumen,“ kata Azam Fatoni.

Baca Juga :  Tebang Ranting Pohon, Lansia Tewas Tersengat Listrik

Nasi Penggel,  di jual di Gunungsari, Kecamatan Pejagoam kuliner khas Kebumen. Menunya nasi putih yang dikepal kepal, sekepalan orang dewasa. DIlengkapi dengan sayurnya buah nangka mirip sayur lodeh, sedikit berkuah dengan lauk yang pasti ada kikil sapi. Di tempat itu, saat liburan Lebaran atau liburan panjang  pengunjung antre. Warung Nasi Penggel, biasanya buka hanya pagi hari.

Soto Petanahan, tidak seperti kebanyakan soto. lsinya, adalah ayam kampung,  ditambah taoge yang lebih banyak, serta ketupat. Selain di jual kampung, Desa Petanahan, Kecamatan Petanahan, pada sore dan malam hari menu ini juga bisa ditemui di Pasar Petanahan. Sedangkan Sate Ambal, lebih banyak di jual di Kecamatan Ambal, di pinggir Jalan Lintas Selatan atau Jalan Daendels Kebumen. (SM)