Desa Lumbungrejo Maju ke Tingkat DIY

506
Wakil Bupati Sleman Dra Hj Sri Muslimatun MKes bersama Tim Evaluasi DBKS Tingkat DIY melihat hasil potensi Desa Lumbungrejo, Kamis (2/11/2017). (bid jalasutra/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Desa Lumbungrejo Kecamatan Tempel mewakili Kabupaten Sleman dalam evaluasi Desa Binaan Keluarga Sakinah (DBKS) Tingkat DIY.

Evaluasi dilaksanakan di Balai Desa Lumbungrejo dilanjutkan ke Padukuhan Bibis dan Padukuhan Kromodangsan,  Kamis (2/11/2017).

Ketua Tim evaluasi DBKS DIY, Drs H Nur Abadi MA mengatakan Program Desa Binaan Keluarga Sakinah (DBKS) di DIY sudah dilaksanakan di 345 desa, dari 438 desa yang ada.

Tujuannya untuk mengetahui keberhasilan pembinaan DBKS oleh Pokja kabupaten/kota mengenai administrasi maupun pelaksanaan program kerja. Selain itu, juga memberikan dorongan kepada Pokja kabupaten/kota untuk lebih memacu  pembinaan Desa DBKS di wilayahnya.

Wakil Bupati Sleman Dra Hj Sri Muslimatun MKes mengatakan DBKS merupakan sarana strategis untuk menggerakkan masyarakat agar semakin meningkatkan pengetahuan dan wawasan mengenai arti penting pembinaan keluarga.

”Keluarga yang sakinah merupakan keluarga yang mampu mewujudkan keluarga harmonis yang sejahtera. Keluarga yang sakinah akan melahirkan generasi berkualitas, beriman dan berakhlak mulia. Keluarga merupakan pilar penting membangun sumber daya manusia berkualitas,” ungkapnya.

Dia berharap seluruh warga khususnya masyarakat Lumbungrejo Tempel lebih aktif melaksanakan program DBKS. Setelah kegiatan monitoring ini, program DBKS di Lumbungrejo dapat semakin aktif dan dinamis, sehingga masyrakat merasakan manfaat langsung program itu.

Kepala Desa Lumbungrejo, Imam Suhardi,  memaparkan DBKS di desanya meliputi pembinaan ekonomi, pendidikan, keagamaan, dan kesehatan.

Kegiatannya antara lain pemanfaatan kotoran hewan untuk biogas, pengolahan pupuk organik dan fermentasi pakan ternak di kelompok ternak Ngudi Lestari Bibis.

Di bidang kesehatan berupa pembinaan kesehatan oleh Klinik Kesehatan Sosroharjo dan kegiatan Desa Siaga. Bidang keagamaan meliputi pembinaan masjid paripurna, pengajian bapak-bapak, ibu-ibu dan remaja. (sol)