Desa Nglinggi Garap Sektor Pariwisata

185

KORANBERNAS.ID — Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan pemberdayaan warga, Pemerintah Desa (Pemdes) Nglinggi Kecamatan Klaten Selatan mengembangkan potensi wilayah dan sumber daya manusia. Salah satunya melalui sektor pariwisata dan usaha kecil menengah (UKM).

Itu dilakukan karena kondisi wilayah strategis dan didukung infrastruktur jalan yang bagus. Dari desa manapun akan dengan mudah bisa memasuki wilayah Desa Nglinggi.

“Dari kawasan Gunung Merapi, Jogja dan Solo bisa dengan mudah ke Desa Nglinggi. Jalan yang bagus akan memperlancar perjalanan ke sini,” kata Sugeng Mulyadi, Kepala Desa Nglinggi di kantornya, Jumat (22/12/2017).

Sugeng yang juga PNS di Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Klaten itu mengakui saat ini potensi desa yang sudah digarap baru sebagian saja.

Sedangkan untuk bisa membangun kawasan wisata dan pengembangan usaha warga tentu butuh dana, waktu, sumber daya manusia dan perencanaan yang matang.

Baca Juga :  Wisatawan Hilang Ditelan Ombak Pantai Baron

Pembangunan sektor wisata akan dimulai tahun 2018. Adapun konsep wisata yang akan dikembangkan adalah wisata sains dan air.

“Tentu muncul pertanyaan mengapa pariwisata? Jawabnya karena pariwisata jarang sekali terkena krisis,” ujarnya.

Pengembangan kawasan wisata akan diawali dengan perencanaan dan gambar. Dan itu sudah ada dengan menggandeng UGM.

Tahapan berikutnya pengadaan lahan seluas 10 hektar terdiri dari tanah kas desa dan tanah warga sebagai investasi. Perbandingan luas lahan tanah kas desa dengan tanah warga yakni sepertiga dan dua per tiga.

Jika tahapan itu selesai maka akan dikembangkan kelompok usaha bersama. UKM yang sudah ada di Desa Nglinggi ada 13 kelompok dengan 56 produksi.  “Kami terus memperkenalkan melalui web dan perpustakaan desa,” kata dia.

Baca Juga :  Pelatih Berdiri Ketika Ada yang Salah Pukul

Selain memiliki kelompok usaha dengan beragam produk, Desa Nglinggi juga memiliki kelompok budi daya ikan dan BUMDes Nglinggi Mandiri yang mengelola unit usaha perdagangan dan jasa keuangan.

Pokdakan Mina Usaha yang telah dibentuk di Desa Nglinggi mengelola unit usaha kuliner dan budi daya ikan berbagai jenis yang berlokasi di pinggir Jalan Wilis (Jalan Basin Kebonarum-Gayamprit Klaten Selatan) atau tepatnya samping Kantor Kepala Desa Nglinggi.

Kuliner dan budi daya ikan itu setiap hari ramai dikunjungi orang sehingga mendatangkan hasil bagi pokdakan.

Camat Klaten Selatan Joko Hendrawan mengapresiasi dan mendorong langkah Pemdes Nglinggi dalam upaya memajukan wilayahnya dan meningkatkan perekonomian warga.

Dia juga meminta kades di wilayahnya untuk lebih kreatif dan berinovasi dengan memanfaatkan potensi desa masing-masing. (sol)