Desa Penyangga Pangan Maju Lomba Tingkat Jateng

239
Ketua tim Penilai M Hafid  (baju putih motif kembang) didampingi Pjs Bupati Sudaryanto meninjau lingkungan Desa Wonokerso. (endri yarsana/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Desa Wonokerso Kecamatan Tembarak maju ke lomba desa tingkat Provinsi Jawa Tengah (Jateng) setelah menjadi juara pertama tingkat Kabupaten Temanggung.

Pembukaan penilaian lomba berlangsung di balai desa setempat,  Senin (14/05/2018), dihadiri Penjabat Sementara Bupati Sudaryanto beserta jajarannya.

Ketua Tim Penilai, M Hafid, mengatakan tujuan lomba desa untuk evaluasi dan menilai perkembangan pembangunan yang berlangsung di desa.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah  ingin mengetahui perkembangan pembangunan di desa, sejauh mana dukungan untuk kegiatan pendidikan anak usia dini dan Posyandu.

Aspek  penilaian meliputi administrasi dan fisik yaitu bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan, lembaga kemasyarakatan dan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Lomba desa tingkat Provinsi Jawa Tengah selain diikuti Desa Wonokerso Kabupaten Temanggung, juga diikuti  5 desa lain dari Kabupaten Boyolali, Pekalongan, Brebes, Demak  dan Kabupaten Pati.

Lomba desa mengandung makna tersendiri karena dapat memotivasi dan memacu semangat perangkat desa, lembaga- lembaga desa dan masyarakat untuk membangun desanya. Dengan demikian kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat meningkat.

Pjs Bupati Sudaryanto mengemukakan, Desa Wonokerso selama ini dikenal sebagai desa penyangga pangan beras Kabupaten Temanggung.

Semangat warga Desa Wonokerso selama ini sudah teruji. Berbagai program pembangunan diselesaikan dengan baik, salah satu di antaranya mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Makmur Lumintu.

Cakupan usahanya meliputi persewaan alat-alat tratak dan kursi, lumbung pangan simpan pinjam, penyediaan bahan makanan beras, telur dan penjualan produk olahan pangan

Kepala Desa Wonokerso, Wildan, berharap meraih juara. Di sektor UMKM, desa ini   berhasil mengembangkan  berbagai industri  yakni  jamur tiram, ceriping ketela, konveksi dan mebel. (sol)