Desa Sentra Nila Merah di Klaten Kini Miliki Home Stay

917
Salah seorang pekerja Home Stay Pandu, memberi pakan ikan di komplek home stay Desa Nganjat Kecamatan Polanharjo. (Masal Gurusinga/Koranbernas.id)

KORAN BERNAS.ID–Desa Nganjat Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten dikenal sebagai desa percontohan budi daya ikan nila merah. Desa yang hanya bersebelahan dengan Umbul Ponggok itu kini berusaha mengangkat sektor pariwisata selain budi daya ikan.

Salah satu langkah yang telah dilakukan yakni membangun home stay dan kolam renang. Sayangnya, pembangunan kolam renang masih belum sempurna sementara home stay sudah bisa digunakan.

Kepala Desa Nganjat Pandu Sujatmoko mengatakan home stay berlantai dua itu terdiri dari 6 kamar. Fasilitas lain di home stay itu meliputi dapur, ruang pertemuan dan tempat santai

“Home stay ini hanya berjarak 100 meter dari Umbul Ponggok. Sudah bisa dipesan dan ditempati,” katanya.

Baca Juga :  Kali Mlese Meluap, 2 Hektar Padi Terendam

Ditambahkan, lokasi home stay di tengah perkampungan penduduk dan dilengkapi kolam ikan nila merah menjadikan suasana home stay semakin indah dan nyaman. Jauh dari keramaian dan kebisingan. Sejak beberapa bulan terakhir sudah ada tamu yang menginap di tempat itu meski tamu yang menginap umumnya pada akhir pekan dan saat liburan.

Sementara itu fasilitas yang ada di kamar home stay meliputi televisi, kamar mandi dalam laiknya kamar hotel pada umumnya. Para pengunjung yang hendak berwisata ke Umbul Ponggok, Umbul Cokro, Rivermoon Outbound Fun Tubbing dan melihat budi daya ikan nila bisa menginap di home stay tersebut tanpa harus jauh-jauh ke Kota Klaten maupun ke Solo. (SM)

Baca Juga :  Di Pasar Hewan Prambanan, Harga Sapi Kurban Merangkak Naik