Dewa Uang Muncul di Perayaan Imlek Bakpia djaVa

307
Dewa Uang membagikan angpao dalam acara perayaan Imlek keluarga Bakpia djaVa, Jumat (16/02/2018) malam. (Surya Mega/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Perayaan Imlek selalu diidentikan dengan bagi-bagi angpao. Tapi, tidak banyak yang tahu tentang sejarah bagi-bagi angpao.

Hal ini agaknya yang membuat tamu-tamu perayaan imlek di keluarga besar Bakpia djaVa, Jumat (16/02/2018) malam sedikit kaget ketika tiba-tiba muncul sang Dewa Uang.

Sosok tinggi besar berjanggut panjang dan lebat, berbusana serba merah dengan jubah dan penutup kepala tinggi ini, tiba-tiba saja muncul disela-sela keriuhan perayaan imlek yang dipandu MC Christine dan Wisben Antoro.

Dengan kantong tas plastik warna hitam, Dewa Uang atau biasa disebut Cai Shen berjalan gontai menuju tengah panggung, diikuti arahan Christine agar anak-anak, para karyawan dan tetamu yang berkenan bisa mendekat ke Dewa Uang untuk mendapatkan berkah Angpao.

Setelah anak-anak dan tetamu mendapat jatah, Christine pun kambuh usilnya.

“Dewa..dewa, kesini bawa istri gak?,” tanyanya.

Sang Dewa pun tanpa menunjukkan perubahan ekspresi nampak sedikit mengangguk-anggukan kepala.

“Kalau begitu, Dewa juga harus ngasih istri. Mari maju sini, siapa istri sang Dewa,” undang Christine lanjut.

Maka tak berselang lama seorang wanita datang menghampiri. Tidak ada yang tahu, apakah benar wanita itu istri sosok yang berperan sebagai Dewa Uang. Yang pasti, ketika wanita itu mengangsurkan telapak tangan, Sang Dewa langsung memberinya amplop warna merah. Tidak hanya satu, bahkan Sang Dewa memberinya lagi tambahan amplop.

Baca Juga :  Sarpras Stadion Tridadi Sleman akan Diperbaiki

Melihat hal ini, Christine spontan protes.

“Hei, gak boleh. Mentang-mentang istri dikasih banyak. Dewa koq urik. Gak adil !!. Dewa gak adil!!,” kata Christine sembari tangannya meraih untuk mencegah hal itu terjadi. Aksi panggung dan celotehan Christine, tak ayal mengundang gelak tawa hadirian. Sedangkan Dewa Uang, kemudian ngeloyor pergi dari panggung.

Tamu undangan memberikan angpao kepada barongsai. (Surya Mega/koranbernas.id)

Dalam sejarah, pemberian angpao oleh Dewa Uang China, Cai Shen, biasa dilakukan saat perayaan Tahun Baru China atau Imlek. Dalam tradisi lama, angpao yang diterima dari orang lain mesti disimpan dan tidak boleh digunakan.

Uang angpao itu bisa disimpan di kantong celana, dompet, atau almari. Bahkan, hingga kini masih ada orang tua yang tidak mau membelanjakan angpaonya hingga menumpuk bertahun-tahun dan bahkan hingga melupakannya.

Demikian berkah, maka saat perayaan Imlek di keluarga besar Bakpia djaVa ini, bukan hanya Dewa Uang yang membagi-bagikan angpao. Tetamu dan tidak ketinggalan pemilik Bakpia djaVa, Benyamin Siek Fendy Sanjaya dengan suka rela juga memberikan angpao, ketika dua barongsai usai beratraksi. Bahkan pemberian angpao kepada barongsai diikuti pula oleh anak-anak.

Baca Juga :  Bekraf Dorong Pelaku Usaha Kreatif Ciptakan Produk yang Unik
Keluarga Benyamin Siek Fendy Sanjaya merayakan ulang tahun puteri mereka Melli. (Surya Mega/koranbernas.id)

Tak berhenti sampai disini, rangkaian acara peringatan Imlek, yang dibarengkan dengan peringatan ulang tahun ke-14 puteri Benyamin Fendy Sanjaya, Meli, juga meriah dengan perform dari opening dancer, tamu Holyland, penampilan dari Hot Moms, Hot Kids, dan Gubrak Dance.

Menyusul atraksi barongsai, juga tampil musik tradisional China, Chinnese Urhu, serta penampilan artis ibukota Icun Lin dan ditutup dengan Temon feat DJ.

Salah satu perform seni dari kalangan keluarga dan kerabat. (Surya Mega/koranbernas.id)

“Kebetulan, tahun ini kami yang menjadi tuan rumah dari perayaan Imlek keluarga. Kami berupaya menjadikan perayaan Imlek ini bukan sekadar bentuk ungkapan rasa syukur atas anugerah dari Tuhan, tapi sekaligus sebagai bagian dari mengenalkan kembali seni dan tradisi China ke masyarakat. Maka kami undang pemain music Urhu, Dewa Uang dan juga tentu saja Barongsai,” kata Fendy memberi penjelasan. (SM)