Dewan Ingatkan, Penerapan E Goverment Harus Serius

130

KORANBERNAS.ID–DPRD Kabupaten Kebumen  menyambut baik rencana diterapannya e goverment di Pemkab Kebumen. Namun, penerapan e goverment itu, hendaknya bukan sekadar pencitraan. Penerapan e goverment diharapkan akan mendorong publik bisa mengakses informasi, dari perencanaan  anggaran, hingga penggunaan anggaran. Pengelolaan anggaran yang dinamis itu, bisa diakses publik dengan tehnologi informasi  yang ada.

Penerapan e goverment, direncanakan  mengintegrasikan 48 layanan aplikasi yang diciptakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Selama ini, 48 layanan aplikasi e goverment, terpisah-pisah.

Secara bertahap, ke-48 layanan aplikasi akan  terintegrasi. Penerapan e goverment, setelah  Raperda Penyelenggaraan Sistem Informasi  dan Layanan Berbasis Tehnologi Informasi dan Komunikasi bisa diterapkan setelah menjadi  peraturan daerah.

Hal itu dikatakan  Ir Budi Hianto Susanto,  anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Kebumen dan Luhur Pambudi, Kepala Bidang Informasi pada Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Kebumen, Senin (29/01/2018).

Baca Juga :  Seleksi Pendidikan Polri Dijamin Bersih

Pernyataan Budi, disampaikan usai rapat paripurna dengan agenda mendengarkan jawaban Bupati Kebumen atas pemandangan  umum fraksi terkait Raperda Hari Jadi Kebumen,  Raperda Penyelenggaraan Sistem  Informasi  dan Layanan Berbasis Tehnologi Informasi dan Komunikasi/ e government, serta Raperda Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah. Jawaban disampaikan Wakil Bupati Kebumen   KH Yazid Mahfudz.

Kepada koranbernas.id, Budi Hianto Susanto mengatakan, jika  e goverment aplikasi hanya berisi anggaran yang tidak dinamis,  itu tidak lebih dari pencitraan. Penerapan e goverment, hendaknya publik yang berkepentingan bisa mengaksses informasi dengan mudah.

Misalnya soal anggaran, publik bisa mengakses  mulai perencanaan, hingga penggunaan anggaran. Dengan demikian, publik bisa ikut mengawasi. Jika terjadi di penggunaan  anggaran tidak menjadi bagian dari Perda  APBD Kabupaten Kebumen publik bisa mengetahui.

Baca Juga :  Ini Bukti, Kalau Kesejahteraan Masyarakat Kebumen Meningkat

Kepala Bagian Humas DPRD Kabupaten Kebumen Suyanto menjelaskan, rapat  paripurna internal DPRD Kabupaten Kebumen  hari Senin (29/01/2018) membahas pembentukan panitia khusus.  Panitia khusus   ini akan membahas 3 raperda yang disampaikan eksekutif, pada masa sidang pertama tahun 2018. (SM)