Dewan Minta Pemda Awasi Lokasi Pertambangan

156
Chang Wendryanto.

KORANBERNAS.ID — Belajar dari musibah longsor di Desa Jumoyo Salam Magelang Jawa Tengah yang mengakibatkan korban meninggal dunia, anggota Komisi C DPRD DIY, Chang Wendryanto, meminta Pemda DIY mengawasi lokasi-lokasi pertambangan pasir di wilayah ini.

Jangan sampai aktivitas penambangan tersebut justru membahayakan diri penambang maupun orang lain. Apalagi saat ini sedang musim hujan.

“Prinsip, harus ada pengawalan Perda (Peraturan Daerah). Perdanya sudah ada. Tinggal mau atau tidak Satpol PP dan dinas terkait mengawasi, supaya tidak menimbulkan bencana bagi penambang sendiri maupun orang lain,” ungkapnya kepada wartawan di DPRD DIY, Selasa (19/12/2017).

Dia menegaskan, berdasarkan peninjauan lapangan yang dilakukan Komisi C, sudah semestinya Pemda DIY harus segera berkoordinasi, sebab dalam catatan dewan masih banyak penambangan yang lokasinya rawan.

Pengawasan perlu dimaksimalkan supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. “Penerapan Perda tidak sulit. Forkominda harus berkoordinasi. Tinggal Pol PP mau atau tidak,” tandasnya. (sol)