DHC 45 Melestarikan Semangat Juang

378
Ketua  DHC 45  Abdul Chaji memberikan sambutan pada Rekercab di Gedung Juang Temanggung. (endri yarsana/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Dewan Harian Cabang  (DHC) 45 Temanggung menggelar rapat kerja cabang (Rakercab) Rabu (29/11/2017) di aula Gedung Juang 45 Temanggung.

Rakercab dibuka secara resmi oleh Bupati HM Bambang Sukarno  dihadiri pejabat terkait serta dikuti segenap pengurus dan anggota DHC 45 Kabupaten Temanggung.

Bambang Sukarno  menyampaikan apresiasi atas diselenggarakannya Rakercab. DHC 45 diharapkan semakin  mantap menjalankan roda organisasi guna melestarikan dan membudayakan  semangat nilai juang 45.

Dengan demikian, semangat juang 45 yang dimiliki para pejuang kemerdekaan dapat dipertahankan untuk mengisi kemerdekaan.

Pemkab Temanggung  pada 2017 membangun Gedung  Juang yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto Kelurahan Kebonsari  sebagai sarana   berkegiatan  berbagai organisasi  kejuangan seperti DHC 45, PEPABRI, LVRI, PWRI  dan organisasi sejenis lainnya.

Gedung tersebut saat ini dalam tahap penyelesaian akhir dan dijadwalkan  Desember sudah bisa digunakan. “Rapat Kerja DHC 45 dapat menjadi momentum mendorong peran DHC 45 dalam rangka meningkatkan semangat kejuangan DHC 45 guna memantapkan pengabdian kepada bangsa dan negara,“  tandasnya.

Ketua DHC 45 Kabupaten Temanggung, Abdul Chaji, mengatakan DHC 45 merupakan organisasi yang dibentuk pemerintah secara resmi dengan  surat Keputusan Presiden No 50 tahun 1984 tertanggal 1 September 1984.

Keberadaan organisasi DHC 45 untuk menumbuhkembangkan dan melestarikan nilai-nilai kejuangan 45 yang telah ditunjukkan para pejuang kemerdekaan.

“Indonesia  bisa merdeka tidak terlepas dari perjuangan para pahlawan. Semangat juang harus terus dikobarkan guna  menumbuhkembangkan  semangat  kebangsaan dan patriotisme dilandasi iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,“ ujarnya.

Ketua panitia Rakercab, Edi Riyanto, mengatakan Rakercab dimaksudkan untuk menyamakan persepsi, pandangan serta pedoman dalam melaksanakan pembudayaan semangat, jiwa dan nilai-nilai Kejuangan 45.

Rekercab dilaksanakan  berdasarkan program kerja Dewan Harian Cabang Badan Penerus Pembudayaan Kejuangan 45  masa bakti 2013-2018 yang dilaksanakan  tiap akhir tahun. Peserta Rakercab terdiri dari Dewan Pertimbangan Cabang, Dewan Harian Ranting, Garda 45  serta undangan lainnya.  (sol)