Di DIY, Hanya Gedung Kesenian Sleman yang Masih Bertahan

109
Pementasan Kesenian dalam rangka revitalisasi Gedung Kesenian Sleman, Jumat (06/04/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID–Dinas Kebudayaan akan merevitalisasi Gedung Kesenian Sleman yang bertahun-tahun terbengkalai dan tidak terawat.

“Revitalisasi Gedung Kesenian tersebut senada dengan salah satu wujud Dinas Kebudayaan demi melestarikan dan memajukan budaya yang ada di Sleman,” kata Edy Winarya, Sekertaris Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, Minggu (08/04/2018).

Menurut Edy, Gedung Kesenian Sleman yang diberikan oleh Pemerintah DIY kepada Kabupaten Sleman merupakan semi warisan budaya yang harus dijaga dan dimanfaatkan.

“Ini satu-satunya gedung kesenian yang ada yaitu di Kabupaten Sleman. Di Kabupaten Kulonprogo, Bantul, Gunungkidul, sudah beralih fungsi,” kata Edy.

Edy menambahkan, revitalisasi tersebut berdasarkan Undang-undang nomor 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Undang-undang ini menyatakan bahwa Pemerintah Daerah harus menyediakan sarana dan prasarana kebudayaan, yang terdiri dari tiga unsur  yaitu perlindungan, pengembangan, dan pemanfaatan prasarana.

Baca Juga :  Polisi Razia Konvoi Pelajar

“Kami mengajak agar semua pelaku seni dan komunitas-komunitas seni yang ada di Sleman untuk memanfaatkan sarana tersebut sebagai wadah pengembangan potensi dan pementasan seni,” katanya.

Edy berharap agar gedung tersebut dapat digunakan untuk aktivitas seni yang berkelanjutan sehingga akan mendatangkan turis mancanegara yang ingin menikmati pementasan yang ada di Sleman.

“Kita masih akan terus melakukan perbaikan untuk gedung ini. Tahun 2019 kita programkan perbaikan dinding untuk serapan suara dan tata cahaya,” tutur Edy.

Edy mengatakan, pada 2020, Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman mentargetkan penambahan gedung kesenian.

“Kami sudah siapkan tanah untuk gedung kesenian di Sidoluhur, Kecamatan Godean,” katanya.

Sebagai upaya untuk merevitalisasi Gedung Kesenian Sleman, Dinas Kebudayaan mengadakan kegiatan Pementasan Kesenian Sleman bertempat di Gedung Kesenian Sleman pada 6 April 2018.

Baca Juga :  Otak Ibarat Pedang, Tidak Diasah Tumpul

Pementasan tersebut menampilkan delapan kesenian dari delapan Kecamatan yang ada di Sleman, yakni Kecamatan Tempel, Cangringan, Ngemplak, Sleman, Mlati, Minggir, dan Godean.

“Melalui pementasan Kesenian ini mari kita manfaatkan kembali gedung kesenian ini,” pungkasnya. (SM)