Di Dusun inilah Ribuan Kilogram Benih Unggul Padi Berasal

46
Pekerja sedang menjemur bulir gabah yang disiapkan menjadi bibit padi unggul, di wilayah Sedayu bantul. (istimewa)

KORANBERNAS.ID–Hamparan Persawahan yang tertata rapi, menjadi pemandangan di sekitar dusun Samben. Meskipun wilayahnya tidak jauh dari jalan provinsi, siapa sangka ternyata dari dusun inilah ribuan kilogram benih padi berasal.

Dusun Samben adalah dusun yang berada di Kecamatan Argomulyo Kabupaten Bantul. Lokasinya berdekatan dengan Terminal BBM Rewulu PT Pertamina (Persero).

Sejak tahun 2012, Pertamina telah melihat potensi dari dusun ini. Di tahun tersebut Pertamina mulai menggulirkan dana program kemitraan bagi petani untuk mengembangkan pertanian di dusun tersebut. Hingga akhirnya pada tahun 2017, Pertamina merintis program mandiri benih padi dengan membuat penangkaran benih padi.

Tergabung dalam Kelompok Tani Boga Lestari Dusun Samben, 68 Petani ini dibina, diberi pelatihan adminisitrasi dan keterampilan mengelola penangkaran benih oleh Pertamina TBBM Rewulu yang berkerjasama dengan Balai Penelitian Teknologi Pertanian dan Balai Pengawasan Sertifikasi Benih Dinas Pertanian Provinsi DI Yogyakarta.

Baca Juga :  Bantul Menjadi Desa Rintisan Budaya

Sebelumnya, dusun ini telah diberikan bantuan pembangunan Gudang Produksi Benih Padi tanpa atap oleh pemerintah. Namun karena kondisi perubahan cuaca yang tidak menentu, benih padi yang dihasilkan belum memenuhi standar. Sehingga untuk memaksimalkan potensinya, CSR Pertamina memberikan bantuan perluasan lantai jemur menjadi 200 m2 dan pembangunan atap jemur padi.

Hasilnya, ribuan kilogram benih padi dengan periode tanam Februari hingga Juli 2018 berhasil dibudidaya oleh dusun ini. Bahkan 1.200Kg Benih Padi telah laku terjual dan 1.500 kg benih padi siap dikemas dan dijual dengan potensi pendapatan puluhan juta.

Para pembeli benih pun tidak lagi meragukan kualitasnya karena benih-benih padi ini juga sudah memenuhi standar Balai Pengawasan Sertifikasi Benih Dinas Pertanian Provinsi DI Yogyakarta.

Baca Juga :  Menang PTUN, Lurah Suradi Lega

Andar Titi Lestari, Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR IV Wilayah Jateng & DIY mengatakan bahwa produksi benih padi ini merupakan upaya Pertamina untuk mewujudkan wilayah di Ring I TBBM Rewulu ini daulat beras dengan menyediakan seluruh elemen pendukungnya. Mulai dari penangkaran benih padi hingga program lumbung beras yang hasilnya bisa dinikmati langsung oleh warga.

“Ke depannya, Pertamina juga akan membantu masyarakat di wilayah ini memberdayakan 440 m2 lahan tidur untuk budidaya holitikultura, ikan dan unggas. Sehingga masyarakat di dusun ini tidak hanya berdaulat beras tetapi juga berdaulat pangan,” ujar Andar. (*/SM)