Di JEC dan Tamantirto, Ribuan Orang Ikuti Sholat Ied

313
Ribuan orang sholat ied di Halaman Jogja Expo Center (JEC) Selasa (21/08/2018) pagi.(istimewa)

KORANBERNAS.ID–Ribuan orang mengikuti sholat Idul Adha 1439 H di Halaman Jogja Expo Center (JEC) Selasa (21/08/2018) pagi.

Sholat Ied mengambil tema “Kewajiban Bertaqwa dan Menjaga Ukuwah Islamiyah”  dengan Imam dan khotib Ustadz Drs Sri Mulyana, M. Kom Dosen MIPA Universitas Gadjah Mada.

Dalam khotbahnya Ustadz Drs Sri Mulyana, M. Kom menyampaikan umat  Islam dari berbagai penjuru dunia berkumpul di Tanah Suci Mekah untuk melaksanakan ibadah haji yang merupakan salah satu dari rukun Islam.

“Berjuta-juta manusia berkumpul menjadi satu tanpa membedakan suku bangsa, warna kulit, pangkat jabatan, kaya miskin memakai pakaian yang sama, dengan tujuan yang sama pula yaitu mengharap ridlo Allah SWT,” katanya.

Baca Juga :  Menhub Cek Kesiapan Angkutan KA

Hal itu menunjukan kesamaan derajat dihadapkan Allah tanpa merasa lebih satu dengan yang lain. Orang yang mulia disisi Allah itu, hanya karena taqwanya kepada Allah , bukan karena keturunan dan bukan karena kebangsaan.

Ibadah haji, lanjut Sri Mulyana bukanlah pekerjaan yang ringan. Apalagi bagi mereka yang datang dari negeri yang jauh dari Tanah Suci Mekah, termasuk Indonesia.

Thawaf, Sa’i, sujud di Padang Arafah, melempar jumrah, semuanya merupakan kegiatan phisik yang tidak mudah.

Namun apabila semuanya dilandasi dengan sabar tawakal bulat kepada Allah dan disertai niat yang ikhlas tanpa pamrih apapun kecuali hanya mengharap ridlo-Nya, maka Allah menyediakan surga bagi haji yang mabrur.

Baca Juga :  Begini Gaya Wakil Bupati Sleman Saat Senam

Ketika berbicara tentang ibadah haji dan I”dul Adha, lanjutnya maka  tidak  boleh melupakan tentang ibadah qurban. Karena semua itu merupakan rangkaian yang tidak terpisahkan. Sehingga bagi yang mampu diharapkan untuk bisa melaksanakan ibadah kurban.

Selain di JEC, sholat Idul Adha juga nampak digelar di Lapangan Tamantirto Kasihan Bantul. (SM)