Di Kepatihan akan Ada Jam Kependudukan

266
Suasana kompleks Kantor Gubernur DIY di Kepatihan, beberapa waktu lalu. Nantinya di kompleks Pemda DIY ini akan dipasang  Jam Kependudukan. (dok koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan segera memiliki Jam Kependudukan lagi. Secara simbolis barang itu akan diserahkan oleh pimpinan  Kantor Perwakilan BKKBN DIY kepada Pemda DIY, bersamaan acara pembukaan Rapat Koordinasi Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga, Rabu (14/03-2018) di  Hotel Grand Inna Malioboro. Menurut rencana, jam tersebut selanjutnya akan dipasang di Kompleks Pemda DIY, Kepatihan.

Kepala Kantor Perwakilan BKKBN DIY Drs Bambang Marsudi MM menuturkan, Jam Kependudukan tersebut merupakan replika dari Jam Kependudukan yang sudah terpasang di Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan (PPSK) UGM, beberapa waktu lalu.

Kepala Bidang Kependudukan BKKBN DIY Dra Joeananti Kriswandari menjawab pertanyaan koranbernas.id menyatakan Jam Kependudukan tersebut sebagai media Komunikasi  Informasi Edukasi (KIE) kepada stakeholder, mitra kerja dan masyarakat soal situasi dan kondisi kependudukan yang terjadi saat  ini.

Meningkatnya wawasan dan pengetahuan kependudukan diharapkan akan timbul pemahaman perubahan perilaku pembangunan berwawasan kependudukan.

Pada Jam Kependudukan tersebut ditampilkan data penduduk dunia, Indonesia dan DIY. Data itu secara periodik akan mengalami updating sesuai perubahan jumlah penduduk yang terjadi.

Sehingga, akan bisa menggambarkan situasi kependudukan saat berjalan. Bagi pemangku kepentingan jam itu akan sangat bermanfaat untuk mengambil kebijakan.

Dari catatan koranbernas.id,  Jam Kependudukan ini bukan pertama kali. Pada era Orde Baru, DIY pernah memiliki Jam Kependudukan yang berada di sebelah utara Hotel Garuda atau sebelah selatan Teteg KA Malioboro.

Tetapi umurnya jauh dari yang diharapkan. Bangunan joglo cukup megah itu lalu dimanfaatkan untuk pentas seni. Tetapi sudah agak lama kegiatan itu hilang.

Paling tidak, joglo itu saat ini bermanfaat bagi wisatawan terutama  domestik  untuk berteduh. Karena joglo itu berada di ujung barat Taman Parkir Abubakar Ali. (sol)