Di Sini akan Dibangun Mal dan Hotel

1027
Di lokasi ini investor akan membangun mal dan hotel. Bangunan  tempat usaha ini harus dibongkar terlebih dulu. (nanang w hartono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen memastikan akan memberikan  izin pembangunan mal dan hotel di Jalan Sarbini Kelurahan Bumirejo Kecamatan Kebumen Kabupaten  Kebumen.

Mal dan hotel bintang tiga lima lantai dengan luas bangunan diperkirakan sampai  10.000 meter persegi, sekarang masih dalam  proses Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal).

“Izin akan diberikan, salah satunya lokasi itu tidak dilarang untuk bisnis mal dan hotel, sesuai tata ruang kota Kebumen,“ kata Hery Setyanto, Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan Satu Pintu (BPMPSP) Kebumen kepada koranbernas.id, Kamis (19/10/2017).

Calon investor sudah bertemu dengan warga di sekitar lokasi calon mal dan hotel. Warga tidak keberatan  rencana  pendirian mal dan hotel.  Hal itu yang menjadi pertimbangan Pemkab Kebumen akan memberikan  izin. Hanya saja, Hery belum bersedia menyebutkan nilai investasinya.

Berdasarkan  permohonan izin, dari lima lantai, area parkir akan ditempatkan di lantai dasar, lantai satu dan dua untuk mal. Sedangkan hotel di lantai tiga dan empat. Ada rencana di lantai lima dibangun gedung bioskop.

Rencana pembangunan mal sempat ditentang pedagang pasar tradisional di Pasar Tumenggungan Kebumen. Pedagang khawatir, keberadaan mal akan mengurangi omzet perdagangan mereka,  khususnya pakaian dan barang rumah tangga nonpangan.

Namun setelah investor meyakinkan, barang yang dijual di mal  segmennya masyarakat menengah  ke atas, tentangan mulai  mereda.

“Yang dijual di mal tidak seperti di pasaraya yang sudah ada,  sekualitas dengan pasar tradisional, “ ujar Heri sambil menyebut sebuah pasaraya swalayan.

Beberapa warga Bumirejo kepada  koranbernas.id,  mengaku telah  bertemu dengan calon investor. Mereka memperoleh isyarat paling cepat enam bulan ke depan,  pembangunan mal dan hotel dimulai.

Pemilik bangunan di atas tanah milik calon investor, sudah diberitahu tenggat waktu, paling lambat enam bulan ke depan sudah dibongkar sendiri.

Di sekitar lokasi calon mal dan hotel, selain ada permukiman padat, juga ada Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kebumen, SPBU dan rumah makan yang dikelola  perusahaan milik Bupati Kebumen HM Yahya Fuad. (sol)