Di Usia ke-52, AAU Harus Terus Berbenah

152
Gubernur AAU Marsda TNI Iman Sudrajat melakukan inspeksi pasukan pada Hari Jadi AAU ke-52, Senin (31/7) pagi, di Kompleks AAU Yogyakarta.

KORAN BERNAS.ID — Gubernur AAU Marsda TNI Iman Sudrajat, SE memimpin upacara peringatan HUT ke 52 Akademi Angkatan Udara yang jatuh pada tanggal 26 Juli yang lalu di Lapangan Dirgantara AAU, Senin (31/07/17). Hadir dalam upacara tersebut Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Novyan Samyoga, Ka RSPAU Marsma TNI dr. Derajat, SP An, Para pejabat AAU, Lanud Adisutjipto, dan Denhanud 474 Paskhas.

Dalam sambutannya Gubernur AAU menyampaikan ucapan syukur kepada Alloh SWT karena civitas Akademika AAU mampu melaksanakan tugas-tugas dari pimpinan untuk mendidik generasi penerus dan pemimpin TNI AU di masa mendatang. Akademi Angkatan Udara dengan semangat filosofi pendidikan Dwi Warna Purwa Cendekia dan Tri Shakti Viratama terus berbenah diri dalam membentuk dan menyiapkan para perwira yang berjiwa ksatria dan berbekal ilmu pengetahuan dalam mengabdi kepada negara dan bangsa mengawal dirgantara nasional.

Baca Juga :  Kunci ‘Cemanthel’, Motor pun digondol

Sejarah Akademi Angkatan Udara merupakan bagian tak terpisahkan dari sejarah perjuangan bangsa indonesia dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan dari tangan penjajah. diawali dengan berdirinya sekolah penerbang pertama di indonesia, yaitu di bumi maguwo Yogyakarta pada tahun 1946 sebagai embrio dari Akademi Angkatan Udara. Selanjutnya  pendidikan  penerbang   dilaksanakan di Andir, Bandung, sedangkan komando pendidikan dan latihan berada di pangkalan udara Kalijati, Subang. Melihat banyaknya jurusan pendidikan perwira AURI yang dilaksanakan di kesatuan-kesatuan pendidikan, maka berdasarkan surat keputusan kasau tanggal 11 Desember 1950, seluruh sekolah tersebut disatukan di bawah naungan satu lembaga pendidikan di pangkalan udara adisutjipto. Peristiwa bersejarah yakni peletakan batu pertama pembangunan kesatrian Akademi Angkatan Udara dilaksanakan tanggal 9 april 1960 oleh Laksamana Muda Udara Aburachmat atas nama Menteri/Pangau.

Baca Juga :  Jokowi Bersyukur Indonesia Punya Pancasila

Dengan surat keputusan Menteri/Panglima Angkatan Udara nomor :  52 tahun 1965, maka tanggal 26 juli 1965 dinyatakan sebagai hari berdirinya Akademi Angkatan Udara atau AAU.   Dengan surat keputusan Menteri Angkatan Udara nomor 32 tahun 1965, Pataka Akademi Angkatan Udara yang bersemboyan “Vidya Karma Vira Pakca” diresmikan dan diserahkan oleh Presiden Republik Indonesia kepada Komandan Jendral AAU, Komodor Udara Dono Indarto.

Usai kegiatan upacara Gubernur AAU didampingi Ibu Henny Iman Sudrajat beserta seluruh pejabat dan perwakilan Taruna melaksanakan kegiatan syukuran di ruang VIP 2. Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan pemotongan tumpeng dari Gubernur AAU beserta Ibu Heny Iman Sudrajat. Pemotongan tumpeng diserahkan kepada Taruna termuda atas nama Sersan Taruna Mohamad Irfan Hasyim dan wara termuda yaitu Serda Maylita. (ros)