Diguncang Gempa, Pergelaran Wayang Kulit Bubar

373
Pertunjukan wayang kulit oleh dalang Ki Edi Suwondo di DPRD DIY, Jumat (15/12/2017) malam yang sempat bubar akibat guncagan gempa 7,3 SR.

KORANBERNAS.ID – Gempa berkekuatan 7,3 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah DIY, Jumat (15/12/2017). Getaran gempa yang terjadi pukul 23:47 itu kekuatannya sangat besar. Bahkan getarannya dirasakan sampai wilayah Jawa Tengah (Jateng).

Warga berlarian dari rumah. Sebagian bahkan sempat panik seraya berteriak. “Gempanya sangat kuat,” ujar Mamad, warga Kota Yogyakarta. Dia menyelamatkan diri berlari dari rumahnya.

Informasi dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), gempa berpusat di laut Jawa Barat pada kedalaman 104 km. Tak berselang lama, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini tsunami untuk wilayah pantai di Jawa Barat, DIY dan Jawa Tengah.

Kepanikan terjadi di mana-mana termasuk di kawasan Malioboro. Kebetulan di DPRD DIY sedang berlangsung pergelaran wayang kulit semalam suntuk dengan lakon Dewa Ruci oleh dalang Ki Edi Suwondo dari Sleman.

Baca Juga :  Anggrek Merapi Semakin Langka

Sontak, para pengarawit pun berlarian. Mereka meninggalkan gamelannya. Bahkan sang dalang sempat hendak berdiri namun urung dilakukan.

Dia hanya memutar posisi duduknya mengomentari soal gempa malam itu. Terdengar pula gema takbir Allahu Akbar dari arena pertunjukan wayang kulit tersebut. Hingga berita ini diturunkan warga masih takut-takut masuk rumah. (sol)