Dimas Gunungkidul Putra Asli Daerah

285
Dimas Gunungkidul yang akan mengikuti final Sabtu (16/09/2017) di Gedung Serbaguna Siyono. (st aryono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Sebanyak 30 peserta terpilih menjadi finalis Dimas Diajeng Gunungkidul 2017.  Rencananya malam grandfinal penganugerahan dilakukan Sabtu (16/09/2017) di Gedung Serbaguna Siyono Desa Logandeng Kecamatan Playen.

Kepala Seksi Promosi dan Informasi, Dinas Pariwisata Gunungkidul, Purnomo Sumardamto, mengatakan proses pemilihan Dimas Diajeng sudah dimulai sejak 1 Mei hingga 30 Juni lalu dan berhasil mendapatkan 100 peserta.

Setelah dilakukan seleksi administrasi, wawancara hingga tes kemampuan pengetahuan umum jumlah peserta terus berkurang dan tinggal menyisakan 30 pendaftar. “Rinciannya terdiri dari 15 Dimas dan 15 Diajeng,” kata Purnomo Sumardamto kepada wartawan, Selasa (05/09/2017).

Dari 30 peserta itu dikelompokkan menjadi 15 pasangan. Kontes dwi tahunan ini juga berbeda dengan penyelenggaraan di daerah-daerah lain di DIY. Seluruh peserta harus warga asli dari Gunungkidul. “Jadi seluruh peserta yang masuk merupakan putra putri asli daerah dan tidak ada yang berasal dari luar,” ujarnya.

Baca Juga :  Polwan Blusukan ke Pasar Tradisional

Sebelum babak grandfinal pemilihan Dimas Diajeng, digelar malam pemilihan pada Jumat (15/09/2017). Seluruh peserta yang lolos menjalani karantina.

“Selama masa karantina juga akan dilaksanakan seleksi guna memilih lima pasangan yang berhak maju ke babak grandfinal untuk menjadi Dimas Diajeng Gunungkidul 2017,” jelasnya.

Menurut Damto, seleksi Dimas Diajeng tidak hanya menyangkut masalah kompetisi menjadi duta pariwisata Gunungkidul. Selama kegiatan berlangsung 30 finalis mengikuti berbagai kegiatan, mulai dari pembinaan pembekalan hingga promosi penganan tradisional Gunungkidul.

“Masih ada beberapa acara yang akan dilaksanakan, salah satunya mengisi kegiatan Car Free Day di Titik Nol. Rencananya acara ini juga akan menghadirkan Putri Indonesia 2017,” imbuhnya.

Baca Juga :  Baru Tujuh Bulan Menjabat, Kapolres Gunungkidul Diganti

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Saryanto,  mengatakan pemenang kontes Dimas Diajeng nantinya berhak mewakili Gunungkidul untuk berlomba dalam ajang yang sama di tingkat provinsi. Selain itu, dimas diajeng terpilih juga akan menjadi duta pariwisata pemkab. (st aryono)