Dinas Bina 176 Koperasi Tak Aktif

173

KORAN BERNAS.ID–Sebanyak 176 koperasi tidak aktif di Kabupaten Klaten akan dibina oleh Dinas Perdagangan Koperasi UMKM (Disdagkop UMKM). Pembinaan dilakukan untuk mengetahui kondisi koperasi tersebut apakah benar-benar masih ada atau sudah bubar. Sebab sudah 2 tahun berturut-turut koperasi tersebut tidak melakukan rapat anggota tahunan (RAT).

“Sebelum pembinaan dilakukan, terlebih dahulu kita kirim surat. Yang jelas koperasi yang akan disurati dan dibina itu adalah yang tidak melaksanakan RAT dua tahun berturut-turut,”kata Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Disdagkop UMKM Klaten, Yunanta, Kamis (29/03/2018)

Koperasi yang tidak aktif itu dimungkinkan karena benar-benar tidak menggelar RAT atau mungkin juga telah menggelar RAT namun tidak melaporkan ke Disdagkop dan UMKM.

“Atau bisa juga karena ketidaktahuan pengurus,” ujarnya.

Yunanta menjelaskan, jumlah koperasi di Klaten ada 883. Dari jumlah itu, 707 koperasi berstatus aktif dan 176 tidak aktif. Dijelaskan, Disdagkop UMKM tidak punya wewenang membubarkan koperasi karena itu wewenangnya pusat.

Di tempat terpisah, pengurus Koperasi PKL Manunggal Klaten, Trimakno mengakui jika koperasinya belum menggelar RAT karena adanya permasalahan di internal pengurus.

“Ketuanya pergi tidak tahu kemana. Sekarang pengurus koperasi kami ampu bersama,” kata Trimakno yang juga membuka usaha batagor di depan Masjid Raya Jalan Pemuda Klaten itu. (SM)