Dinas Mengusulkan Penggabungan 27 SD

81

KORANBERNAS.ID–Sebanyak 27 sekolah dasar negeri (SDN) di Kabupaten Klaten diusulkan untuk di regrouping pada tahun ini. Namun hasil dari usulan tersebut menunggu keputusan bupati.

Kepala Seksi Kelembagaan dan Sarpras Dinas Pendidikan Derajat Setiaji mengatakan salah satu pertimbangan untuk menggabung sekolah tersebut, adalah karena jumlah murid yang sangat minim. “Ada 27 sekolah yang diusulkan masing-masing korwil untuk digabung. Tetapi usulan itu nanti akan ditindaklanjuti dengan survei dan cek lapangan oleh dinas pendidikan dan dinas pengelolaan keuangan dan aset daerah. Hasilnya akan disampaikan ke kepala dinas dan kepala dinas membuat usulan kepada bupati untuk dibuatkan SK,” kata Derajat, Rabu (29/08/2018).

Ditambahkan, salah satu persyaratan sekolah di regrouping yakni jumlah murid kurang dari 50 orang. Namun bila di satu desa hanya ada satu SD maka akan tetap dipertahankan.

Salah satu SD yang diusulkan diregrouping adalah SD Karangdowo 2 yang hanya memiliki 26 siswa terdiri dari kelas 3 ada 4 siswa, kelas 4 (5 siswa), kelas 5 (7 siswa) dan kelas 6 (10 siswa).

“Kelas satu dan dua tidak ada murid. Karena usia sekolah tidak ada akibat keberhasilan program KB,” kata Kepala SD Karangdowo 2, Siswanto. (SM)