Dinas Perpustakaan Gelar Lomba Menulis Tingkat SMP/MTs

287
Siswa sedang mengikuti Lomba Menulis Tingkat SMP/MTs se Kabupaten Sleman, Selasa (20/03/2018). (Nila Jalasutra/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Sebanyak 300 siswa ikuti Lomba Menulis Tingkat SMP/MTs se Kabupaten Sleman di  Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Selasa (20/03/2018). Lomba ini diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dalam rangka melakukan pembinaan dan memotivasi bakat menulis siswa.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman, Ayu Laksmidewi mengatakan, ada tiga pilihan tema yang diberikan dalam lomba tersebut.

“Remaja dan Smartphone, Mencintai Indonesia Melalui Bahasa, dan Mencintai Lingkungan Hidup Sebagai Budaya Bangsa,” kata Ayu.

Pemilihan tema tersebut menurutnya untuk mendapatkan umpan balik atau masukan dari siswa terkait tema yang diberikan.

Ayu mencontohkan smartphone merupakan fakta yang tidak terlepaskan dari remaja saat ini dengan aneka ragam informasi di dalamnya. Terkait smartphone tersebut pihaknya juga telah melakukan sosialisasi informasi digital dan sosialisasi penggunaan smartphone secara bijak dengan tujuan menyelamatkan generasi muda dari informasi negatif yang saat ini sangat bebas untuk  diakses.

Baca Juga :  Berkat Sabda Ini, Sultan Dianugerahi Tokoh Peduli Museum

Lomba menulis tersebut sebagai salah satu wadah untuk menumbuhkan minat baca bagi siswa.

Menulis sangat penting untuk meningkatkan kemampuan literasi karena dari membaca akan memahami dan bisa membiasakan diri untuk menuliskan apa yang diketahui dari membaca dan pengalaman yang dilihat sehari-hari. “Target kegiatan lomba menulis ini yaitu untuk mendorong tumbuhnya gerakan literasi dan budaya membaca pada siswa. Hasil karya pemenang dan nominasi rencananya akan kami buat menjadi buku,” tambah Ayu.

Sementara  Asekda Bidang Administrasi Umum, Arif Haryana mengatakan, membaca dan menulis merupakan bagian dari proses pendidikan.

“Pada hakekatnya pendidikan itu berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban untuk mencerdaskan,” kata Arif.(SM)

Baca Juga :  Gubernur Perintahkan Lembaga Ombudsman Kawal Aduan Publik